, , ,

Danlanal Ranai Panen Perdana Sayuran Sawi dan Jagung

oleh
Danlanal Ranai Panen Perdana Sayuran Sawi dan Jagung 1
Danlanal Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir, bersama anggota dan Ketua Jalasenastri Korcab IV Cabang 8 DJA I Ny Liya Dofir, bersama pengurus, melakukan panen perdana tanaman sayuran sawi, hasil budidaya Hydroponik di kebun Mako Lanal Ranai. (Foto : Penlanal Ranai)

Sijori Kepri, Natuna – Disela-sela kesibukan sehari-hari dalam melaksanakan tugas seorang Komandan TNI AL (Danlanal) Ranai, Kolonel Laut (P) Dofir, bersama anggota dan Ketua Jalasenastri Korcab IV Cabang 8 DJA I Ny Liya Dofir, bersama pengurus, melakukan panen perdana tanaman sayuran sawi, hasil budidaya Hydroponik dan jagung, di kebun Mako Lanal Ranai, sebagai wujud pelaksanaan ketahanan pangan dilingkungan TNI AL, Selasa, (28/7/2020).

Sejak masa Pandemi Covid-19 melanda dunia, termasuk Indonesia awal Januari 2020 lalu, banyak sekali sektor-sektor yang menyokong kehidupan masyarakat terganggu, salah satunya sektor pertanian.

Sektor ini memiliki keterkaitan erat dengan ketahanan pangan nasional. Masa-masa pandemi yang sulit seperti sekarang ini, ketahanan pangan menjadi sesuatu upaya yang harus dilakukan untuk mengurangi krisis pangan yang menghantui Indonesia.

Ketahanan pangan sudah menjadi program pemerintah dalam menghadapi masa Pandemi Covid-19 di Indonesia, sampai pada satuan Pangkalan TNI AL, Kolonel Laut (P) Dofir di Lanal Ranai sudah memulai sejak awal bulan April 2020 melaksanakan program pemerintah ini, dengan membuka kembali dan memanfaatkan lahan yang ada di sekitar Mako Lanal Ranai.

Adapun tujuannya adalah untuk memenuhi kebutuhan pangan bagi prajurit Lanal Ranai sesuai amanat Undang – Undang Nomor 18 tahun 2018, mengenai Pangan, didefinisikan sebagai kondisi terpenuhinya Pangan bagi rumah tangga yang tercermin dari tersedianya pangan yang cukup, baik jumlah, mutu dan terjangkau.

Dalam kegiatan tersebut, Kolonel Dofir, menyampaikan, adapun tanaman sayuran yang dipanen, yaitu sayuran sawi dan jagung.

Dikatakannya, hasil dari budidaya tekhnologi hidroponik dapat bermanfaat guna memenuhi kebutuhan sayur prajurit Lanal Ranai, bahkan bila memungkinkan akan bernilai ekonomis dan menguntungkan, apabila dapat dipasarkan keluar.

“Tanaman ini akan terus berlanjut ditanam disesuaikan dengan umur masa panen, sehingga dapat dikonsumsi secara berkesinambungan,” ujar Danlanal Ranai.

Turut hadir dalam panen perdana tersebut, Palaksa Lanal Ranai Letkol Laut (KH) Kadek Ari P, Pasintel Lanal Ranai Mayor Laut (P) Hotma M Hutahaean, Kaur Dayaguna Spotmar Kapten Laut (P) Teguh B.S. (Nard/R)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *