, , ,

Danlantamal IV Hadiri Launching Kapal Patroli Cepat 40 M

oleh
Aslog Kasal, Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, Danlantamal IV Tanjung Pinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, dan jajaran, serta Direktur PT Karimun Anugrah Sejati bersama Kapal Patroli Cepat 40 M.
Kapal Patroli Cepat 40 Meter (PC 40 M). (Foto : Dispen Lantamal IV)

Sijori Kepri, Batam – Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IV (Danlatamal IV) Tanjung Pinang, Laksamana Pertama TNI Indarto Budiarto, menghadiri acara Launching (peluncuran) pengadaan 1 (satu) unit Kapal Patroli Cepat 40 meter (PC 40 M), di Galangan Kapal PT Karimun Anugrah Sejati (PT KAS) Tanjung Uncang, Batam, Selasa, (25/05/2021).

Pembangunan 1 (satu) unit kapal tersebut, dikerjakan oleh putra-putra terbaik bangsa, hal tersebut ditandai peluncuran kapal PC 40 M oleh Asisten Logotik Kepala Staf Angkatan Laut (Aslog Kasal), Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, dan penandatanganan Berita Acara antara Kadisadal dan Direktur PT Karimun Anugrah Sejati yang disaksikan oleh Aslog Kasal.

Dalam sambutannya, Aslog Kasal, Laksamana Muda TNI Puguh Santoso, membacakan sambutan tertulis Kasal yang mengatakan, bahwa seperti diketahui bersama bahwa sequence pembangunan kapal perang meliputi first steel cutting, keel laying, launching, shipnaming, delivery and receiving, commissioning dan terakhir pengukuhan KRI. Pembangunan kapal PC 40 M ini telah sampai pada tahap launching.

BACA JUGA  Danlantamal IV Terima Kunjungan Silaturahmi Danrem 033/WP

“Kehadiran kapal tersebut nantinya akan difungsikan sebagai kapal bantu Hidro Oceanografi, diharapkan dapat menajamkan kemampuan Pushidrosal dalam mendukung dan memantapkan peran dan pusat informasi Geospasial Kelautan Indonesia,” kata Puguh Santoso.

Puguh Santoso juga mengatakan, pembangunan kapal PC 40 M tentunya memiliki makna strategis bagi industri Pertahanan Nasional. Hal tersebut dibuktikan oleh PT Karimun Anugrah Sejati yang telah berhasil dan diandalkan dalam pembangunan teknologi Industri Pertahanan bagi kepentingan Nasional, mengingat selama ini pengadaan kapal-kapal Hidro Oceanografi pembangunannya oleh galangan kapal luar negeri.

“Luasnya wilayah perairan Indonesia yang perlu di survei membutuhkan jumlah kapal survei yang tidak sedikit. Untuk itu, pengadaan kapal ini menjadi solusi dalam upaya pemenuhan kebutuhan tersebut,” ujarnya.

Hadir dalam acara tersebut Wadanpushidrosal, Kadismatal, Kadisadal, Kadislaikmatal, Danguskamla Koarmada I, Paban VI Sopsal, Kasubdisadalada Disadal, Dansatgas PC 40 M, Danlanal Batam, Paban III Skomlekal, Komisaris PT. KAS dan Direktur PT KAS. (Wak Dar)

No More Posts Available.

No more pages to load.