Danlanud RHF Tanjung Pinang Test Landing Pesawat CN-295 TNI AU Menuju Bandara Dabo Singkep, Sekaligus Bahas Agenda Penting Lainnya

oleh
Danlanud RHF Tanjung Pinang, Kolonel Pnb A Donie Prihandono, dan rombongan tiba di Bandara Dabo Singkep, Kabupaten Lingga. (Foto : Ist)

Tanjung Pinang, Sijori Kepri — Menggunakan Pesawat CN-295 TNI AU, Komandan Lanud (Danlanud) RHF Tanjung Pinang, Kolonel Pnb A Donie Prihandono, beserta rombongan terbang menuju Bandara Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, sekaligus melakukan test landing pesawat CN-295 TNI AU, Senin, 25 Juli 2022.

Danlanud dan rombongan take off dari Baseops Lanud RHF Tanjung Pinang sekira pukul 11.15 WIB, dan landing mulus di Bandara Dabo Singkep, sekira pukul 11.44 WIB, disambut Asisten II Setdakab Lingga, Yusrizal.

Selain test landing Pesawat CN-295 TNI AU, Danlanud memiliki agenda penting lainnya, antara lain membahas rencana kedatangan Panglima TNI dan peninjauan lahan untuk pembangunan Pangkalan TNI AU.

Dalam hal ini Danlanud  perlu melihat infrastruktur dan kesiapan pendukung lainnya, guna tercapainya setiap kegiatan dengan aman dan lancar.

Danlanud Kolonel Pnb A Donie Prihandono, mengatakan, pembangunan pos TNI AU dinilai sangat strategis dan menjadi pendukung apabila ada Force Merger. 

“Provinsi Kepri memiliki kemiripan seperti Maluku yang memiliki 3 Pangkalan Udara. Hal tersebut sangat berguna dalam mengantisipasi ancaman penerbangan di wilayah perbatasan,” katanya.

Terkait sudah ada Bandara yang beroperasi di Lingga, kata Danlanud, perlu adanya Pos TNI AU yang harus segera direalisasikan.

“Sehingga dalam hal kunjungan Panglima TNI dan pejabat lainnya di wilayah Kabupaten Lingga, pastinya akan menjadi lebih dikenal, dan perkembangan kota menjadi lebih besar,” ucap Danlanud RHF.

Kedatangan Danlanud RHF ke Dabo Singkep itu diapresiasi Asisten II Setdakab Lingga, Yusrizal.

“Mohon maaf, Bupati Lingga M Nizar sedang tidak berada ditempat,” ujar Yusrizal kepada Danlanud RHF.

Namun, lanjutnya, semua pesan atau arahan penting pihak Lanud RHF disampaikan ke Bupati Lingga.

“Arahan penting dari  komandan (Danlanud) akan kami sampaikan ke pimpinan demi kemajuan dan keamanan wilayah udara di Kabupaten Lingga,” ujar Yusrizal.

Diakhir pertemuan, Danlanud memberikan kenang-kenangan kepada Pemda Lingga, yang diterima langsung oleh Yusrizal.

Begitu sebaliknya, Yusrizal juga memberikan kenangan-kenangan dari  Pemkab Lingga kepada Danlanud RHF.

Pertemuan yang berlangsung khidmat itu, juga dihadiri Danlanal Dabo, diwakili Palaksa Mayor Mar Saul Jamlaay, Wakapolres Lingga, Kompol Karyono, Kabagopd Kompol Sugianto, Pa Bungkol Kodim 0315 Tanjung Pinang, Letkol Inf Jonas, Kepala Bandara Dabo, Wahyu dan Camat Singkep Agustiar. [Red]