Dekranasda Lingga Dukung Pemerintah Laksanakan Pelatihan Pembuatan Tudung Manto

oleh
Pemakaian Tudung Manto merupakan budaya yang harus dilestarikan di Kabupaten Lingga. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Lingga — Ketua Dekranasda Kabupaten Lingga, Maratusholiha Muhammad Nizar, mengatakan, Dekranasda Lingga selalu mendukung upaya-upaya pemerintah daerah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat.

Salah satunya adalah dengan adanya pelatihan pembuatan Tudung Manto Bagi Tenaga Kerja Mandiri di Kabupaten Lingga, yang telah dilaksanakan pada awal bulan Maret kemarin.

“Pelatihan pembuatan Tudung Manto merupakan salah satu bentuk upaya untuk mendukung pelestarian Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) Indonesia, yang telah ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada 2015 lalu,” kata istri Bupati Lingga ini, kemarin.

Menurutnya, pelatihan ini juga difungsikan untuk memotivasi masyarakat guna mempertahankan maupun mencintai produk lokal yang merupakan khazanah kebudayaan Melayu. 

Selain itu, lanjutnya, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas produk yang dihasilkan.

“Kita harus serius dan fokus dalam mempertahankan dan melestarikan warisan budaya asli Kabupaten Lingga ini, agar lebih bisa dikenal lebih luas oleh masyarakat luar,” ujar Maratusholiha, yang juga Ketua TP PKK Kabupaten Lingga. 

Maratusholiha juga meminta kepada Bupati Lingga atau dinas terkait, agar dapat memberikan apresiasi kepada para pengerajin yang sudah senior untuk diberikan sebuah piagam penghargaan. ***

BACA JUGA  Bupati Lingga Buka Fashion Show Tudung Manto
 

No More Posts Available.

No more pages to load.