Dewan Pers Verifikasi Faktual 6 Media JMSI di Batam

oleh
Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan, saat verifikasi faktual di kantor media wartakepri.co.id. (Foto : JMSI)
Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan, saat verifikasi faktual di kantor media detaknews.co.id. (Foto : JMSI)
Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan, saat verifikasi faktual di kantor media ariranews.com. (Foto : JMSI)
Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan, saat verifikasi faktual di kantor media alurnews.com. (Foto : JMSI)

Sijori Kepri, Batam — Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terhadap 6 (enam) media anggota Jaringan Media Siber Indonesia Provinsi Kepulauan Riau (JMSI Kepri) di Batam, Jumat, (25/03/2022).

Adapun keenam media yang diverifikasi faktual ini, oleh Anggota Dewan Pers, Jamalul Insan, yakni wartakepri.co.id, ariranews.com, detaknews.co.id, alurnews.com, beritabatam.com dan telisiknews.com.

BACA JUGA : Diduga Bunuh Diri, Seorang Pria Jatuh dari Lantai 7 Hotel CK Tanjung Pinang

Jamalul Insan mendatangi satu per satu media yang akan diverifikasi faktual tersebut. Dan wartakepri.co.id, menjadi media pertama yang dikunjungi.

Di wartakepri.co.id, Jamalul Insan didampingi staf Dewan Pers, Irwan, disambut Dedy Suwadha, sebagai pemilik dan juga pembina JMSI Kepri.

BACA JUGA : Oknum ASN Pemprov Kepri Digerebek Usai “Boboin” Istri Orang

Wartakepri.co.id dan 2 (dua) media lainnya, yakni mediakepri.co.id dan batamclick.com, yang merupakan anggota JMSI Kepri sudah terverifikasi faktual sejak 2018.

“JMSI buat surat. Ini hanya tinggal perapian pendataan di website Dewan Pers,” ujar Jamalul Insan, disela-sela kunjungannya di basecamp wartakepri.co.id.

BACA JUGA  Rapimnas dan Kegiatan JMSI di Kepri Sukses, Ketua Panitia Ucapkan Terima Kasih Untuk Semua Pihak

Lalu, langkah Jamalul Insan dilanjutkan ke ariranews.com. Diterima Penanggungjawab yang juga Pimpinan Redaksi. Jamalul Insan melakukan pemeriksaan berkas dan website ariranews.com secara seksama.

Selanjutnya, detaknews.co.id menjadi tujuan Jamalul Insan. Ranti sebagai Pimpinan Perusahaan dan Amir sebagai Pimpinan Redaksi, menyambut hangat kedatangan anggota Dewan Pers.

Amir, yang juga Bendahara di JMSI Kepri memaparkan rubrik dan konten yang menjadi andalan di detaknews.co.id.

BACA JUGA : Hotel CK Tanjung Pinang Telan Korban

alurnews.com menjadi tujuan berikutnya. Di alurnews.com, Jamalul Insan disambut Pimpinan Umum, Harianto dan Pimpinan Redaksi Hadli, dinobatkan untuk menjadi narasumber mengisi alurpopcast.

Di alurpopcast ini, Jamalul Insan menjelaskan dan memaparkan panjang lebar peran dan fungsi Dewan Pers yang dipandu Anwar Anas, yang merupakan Sekretaris JMSI Kepri. 

Lalu, pada kesempatan ini, Jamalul Insan juga menjelaskan pentingnya dilakukan verifikasi terhadap media dan langkah Dewan Pers mengukur kemampuan wartawan melalui Uji Kompetensi.

Langkah selanjutnya, Dewan Pers melanjutkan langkahnya ke kantor beritabatam.com. Eddy Supriatna sebagai Pimpinan Redaksi beritabatam.com menjelaskan, Dewan Pers sudah 3 (tiga) kali berkunjung untuk melakukan verifikasi faktual.

BACA JUGA  Eddy Supriatna Ungkap Tujuan Hadirnya JMSI di Kepri

BACA JUGA : Seorang Pria Ditangkap di Perumahan Buana Vista Batam Center

Kali pertama Dewan Pers melakukan verifikasi faktual terjadi sekitar lebih satu tahun lalu. Lalu, Dewan Pers juga melakukan verifikasi faktual sekitar enam bulan yang lalu.

“Ini untuk yang ketiga kalinya, beritabatam.com dilakukan verifikasi faktual. Namun kita masih tetap taat dan patuh untuk mengikuti ketentuan dari Dewan Pers,” ujar Eddy.

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap berkas dan rubrik website beritabatam.com, Dewan Pers melanjutkan perjalanan menuju ke telisiknews.com.

BACA JUGA : Bos Sinar Makmur Jaya Ditemukan Tewas

“Secara umum perjalanan verifikasi ini berjalan dengan baik. Namun untuk hasilnya, kami berikan ruang seluas-luasnya kepada Dewan Pers memberikan penilaian terhadap media yang diverifikasi ini,” kata Eddy, yang juga Ketua JMSI Kepri didampingi Sekretaris JMSI Kepri, Anwar Anas dan jajaran pengurus lainnya. (Red)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.