, , ,

Di Lingga, Ada Kampung Sehat Digagas Polsek Dabo Singkep

oleh
Di Lingga, Ada Kampung Sehat Digagas Polsek Dabo Singkep 1
Kapolsek Dabo Singkep, AKP Ahmad Wahyudi, bersama jajaran Polsek Dabo Singkep, Kades Tanjung Harapan, Linmas dan masyarakat Desa Tanjung Harapan di Posko Kampung Aman dan Sehat Desa Tanjung Harapan. (Foto : M Ridwan)

Sijori Kepri, Lingga – Kepolisian Sektor (Polsek) Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, menetapkan Desa Tanjung Harapan, sebagai Kampung Aman dan Sehat. Penetapan ini didasari keberhasilan dalam penanganan dan pencegahan Covid-19 dan jarang terjadi tindak kriminalitas.

Kapolres Lingga, AKBP Boy Herlambang, melalui Kapolsek Dabo Singkep, AKP Ahmad Wahyudi, mengatakan, penetapan Desa Tanjung Harapan sebagai Kampung Aman dan Sehat, untuk memberi pembelajaran dalam upaya melawan bahaya penyebaran Virus Corona berbasis peran aktif lingkungan RT/RW. Yang mana Masyarakat secara langsung dilibatkan untuk menjaga kampungnya dari penularan virus mematikan ini.

”Desa Tanjung Harapan berhasil memutus rantai penyebaran Covid-19. Di daerah ini juga jarang terjadi tindak kriminalitas. Warga hidup aman dan kondusif,” ujar Ahmad Wahyudi, Selasa, (14/7/2020).

Saat ini, memasuki Desa Tanjung Harapan wajib mengikuti protokol kesehatan Covid-19. Misalnya mencuci tangan dengan sabun, wajib masker, pemberlakuan jam malam dan tersedianya rumah karantina.

“Saya berharap semua desa di wilayah hukum Polsek Dabo Singkep, mengikuti Program Kampung Aman dan sehat ini. Sehingga jauh dari penularan Covid-19 ,” kata Ahmad Wahyudi, turut didampingi Camat Singkep, Agustiar, Kades Tanjung Harapan, Abdurrahman, Kasi Sosial Kantor Camat Singkep, Edwin dan Kepala Puskesmas Dabo Lama, dr Yan Cahyadi.

Tidak hanya menangani pencegahan penyebaran Covid-19 dan di fase new normal, jajaran Polsek Dabo Singkep membuat inovasi. Sejumlah terobosan yang dilakukan adalah membentuk Kampung Sehat atau Kampung Tangguh.

Kegiatan ini melibatkan unsur atau stakeholder, peran masyarakat merupakan ujung tombak dalam inovasi ini. Karena sebaik apapun program tanpa partisipasi masyarakat tidak akan bermanfaat dan sukses

“Terima Kasih kepada warga dan berbagai pihak yang terlibat, saya mengapresiasi sekali karena warga Desa Tanjung Harapan telah benar-benar menjalankan edukasi protokol kesehatan Covid-19 dan menciptakan empathy building, serta social bonding,” tutupnya. (rdw)

Click to rate this post!
[Total: 2 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *