,

Dibuka Gubernur Ansar, 1.121 Atlit Ikut Berlaga di POPDA Kepri ke VIII

oleh
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, membuka secara resmi Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Kepri ke VIII di Lapangan Relief Antam, Kijang, Kabupaten Bintan. (Foto : Ist)
Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan, memberikan cendera mata kepada Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad. (Foto : Ist)
Kadispora Kepri, Muhammad Ikhsan, menyerahkan Piala bergilir POPDA Kepri kepada Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad. (Foto : Ist)

Bintan, Sijori Kepri — Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, secara resmi membuka Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Tingkat Provinsi Kepri ke VIII di Lapangan Relief Antam, Kijang, Kabupaten Bintan, Senin, 25 Juli 2022.

POPDA Tingkat Provinsi Kepri ini, Kabupaten Bintan menjadi tuan rumah, yang digelar mulai dari tanggal 25 Juli hingga 30 Juli 2022.

Adapun jumlah atlet yang akan berlaga di POPDA Kepri ke-VIII sebanyak 1.121 atlet, masing-masing dari Kota Tanjung Pinang mengirimkan perwakilan sebanyak 200 atlet, Kota Batam 248 atlet, Kabupaten Bintan 191 atlet, Kabupaten Lingga 180 atlet, Kabupaten Karimun mengirimkan 169 atlet dan Kabupaten Natuna mengirimkan 133 atlet. Hanya Kabupaten Kepulauan Anambas yang absen mengikuti POPDA Kepri tahun ini.

POPDA Kepri ke-VIII akan mempertandingkan sembilan cabang olehraga (cabor). Tiga cabor akan dipertandingkan di Kecamatan Bintan Timur mulai dari cabor bulu tangkis di GOR Tang, cabor Sepak Bola di lapangan Asura dan cabor Bola Voli di GOR Demang Lebar Daun.

Selanjutnya di Kecamatan Bintan Utara akan dipertandingkan cabor Renang di Kolam Renang Fasharkan Mentigi, cabor Basket di Vihara Dharma Santi Tanjung Uban dan cabor Tenis Lapangan di lapangan Hang Tuah.

Untuk cabor Pencak Silat akan menggunakan GOR Kawal Kecamatan Gunung Kijang dan cabor Sepak Takraw akan dipertandingkan di GOR Kecamatan Toapaya. Sedangkan cabor Atletik akan menggunakan Stadion Sri Tri Buana Dompak.

Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, dalam sambutannya, mengatakan, POPDA merupakan ajang yang memegang peranan penting dalam mendukung pengembangan olahraga pelajar.

POPDA menjadi bagian penting dalam mendukung program Indonesia Emas yang sedang dibangkitkan di tingkat nasional.

“Karena bibit-bibit nasional lahir dari kancah kompetisi olahraga pelajar daerah, kita perlu meregenerasi atlet-atlet yang berkualitas dan berdaya saing untuk membawa nama Kepri di tingkat nasional, bahkan internasional,” kata Ansar Ahmad.

Komitmen dan tekad yang bulat disuarakan Gubernur Ansar untuk menjadikan POPDA VIII Kepri Tahun 2022 sebagai momentum kebangkitan prestasi olahraga pelajar yang akan memberikan pengaruh positif bagi perkembangan olahraga pelajar di Provinsi Kepulauan Riau.

Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berkomitmen, berkolaborasi dan bekerja sama dalam memberikan pendampingan, memberikan dukungan pada cabang olahraga yang bisa mewujudkan apa yang diinginkan oleh Desain Besar Olahraga Nasional.

“Dengan adanya pelaksanaan POPDA VIII ini bisa menjadi sistem perkembangan dan menjadi wadah seleksi dan prestasi bagi atlet di Provinsi Kepulauan Riau,” ujar Ansar.

Pada kesempatan itu, Ansar juga mengucapkan selamat bertanding bagi seluruh pelajar yang mengikuti POPDA Kepri tahun ini.

Ansar berharap komitmen para pelajar bisa mengedepankan sportivitas dan persaudaraan selama bertanding mewakili Kabupaten dan Kota mereka masing-masing.

“Yakinlah dengan kemampuan yang terbaik kita bisa menjadi juara, terus berikan seluruh usaha kita untuk membuktikan atlet pelajar Kepri bisa menjadi atlet yang berprestasi di masa depan,” tuturnya.

Plt Bupati Bintan, Roby Kurniawan, mengatakan, dirinya mewakili masyarakat Bintan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan kepada mereka untuk menggelar POPDA Kepri ke VIII. Dirinya yakin ajang ini membawa banyak manfaat untuk Kabupaten Bintan.

Turut hadir dalam pembukaan tersebut Ketua TP PKK Provinsi Kepri, Dewi Kumalasari Ansar, Kejati Kepri, Gerry Yasid, Danlantamal IV Tanjung Pinang Laksamana Pertama TNI Kemas M Ikhwan Madani, Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Bupati Natuna, Wan Siswandi, dan Wakil Bupati Karimun, Anwar Hasyim. (Jlu)