Dinas Perpustakaan Tanjung Pinang dan ANRI Gelar Bimtek Implementasi e-Arsip Terintegrasi Aplikasi SRIKANDI

oleh
Kadis Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjung Pinang, Wan Samsi, bersama Narasumber Amieka Hasraf, Supriyono, Abdul Cholik, dan Kepala OPD Pemko Tanjung Pinang. (Foto : Ist)
Direktur Kearsipan Daerah ll Arsip Nasional Republik Indonesia, Drs Amieka Hasraf MM, menyampaikan kata sambutan pada kegiatan Bimtek Implementasi e-Arsip Terintegrasi Aplikasi SRIKANDI dilingkungan Pemerintah Kota Tanjung Pinang. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Tanjung Pinang — Pemerintah Kota Tanjung Pinang melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, bekerjasama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), menggelar kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) Implementasi e-Arsip Terintegrasi Aplikasi SRIKANDI dilingkungan Pemerintah Kota Tanjung Pinang. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Wali Kota Tanjung Pinang yang diwakili oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kota Tanjung Pinang, Samsudi S.Sos, di Aula Lantai 3 Kantor Wali Kota Tanjung Pinang selama 2 (dua) hari, mulai tanggal 25 hingga 26 November 2021.  

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala OPD, Camat dan Lurah se-Kota Tanjung Pinang dan peserta yang terdiri dari 51 admin e-Arsip Terintegrasi OPD, Kasubbag Umum dan Kepegawaian (melalui zoom meeting), serta 23 orang Arsiparis dilingkungan Pemerintah Kota Tanjung Pinang yang beberapa bulan lalu telah dilantik oleh Wali Kota Tanjung Pinang.  

Tutur hadir sebagai narasumber berasal dari utusan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yaitu Direktur Kearsipan Daerah ll Arsip Nasional Republik Indonesia, Drs Amieka Hasraf MM, dan Arsiparis Ahli Muda pada Arsip Nasional Republik Indonesia, Supriyono S.ST.Ars, dan Abdul Cholik S.Hum.

Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia, Drs Imam Gunarto M.Hum, melalui Direktur Kearsipan Daerah ll Arsip Nasional Republik Indonesia, Drs Amieka Hasraf MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa, perkembangan teknologi informasi yang cepat di era digital telah  membawa dampak begitu besar diberbagai sendi kehidupan.  

BACA JUGA  Selamatkan Arsip Daerah, Mantan Wawako dan Sekdako Tanjung Pinang Terima Penghargaan

“Perubahan ini menuntut tata kelola pemerintahan, serta pelayanan publik, untuk terus beradaptasi dengan menggunakan pendekatan teknologi informasi dan komunikasi, termasuk dalam hal tata kelola Kearsipan, sebagaimana diatur didalam Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan, Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018, tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) dan Keputusan Menteri PAN RB Nomor 679 Tahun 2020, tentang Aplikasi Umum Bidang Kearsipan Dinamis,” kata Amieka Hasraf.  

Ia juga mengucapkan terima kasih, dengan dijadikannya Lembaga Kearsipan Daerah Kota Tanjung Pinang menjadi LKD terbaik tahun 2020 dan ditunjuk oleh Arsip Nasional sebagai  percontohan pada e-Arsip Terintegrasi untuk tingkat Provinsi Kepulauan Riau.  

“Semoga pada pelaksanaan Aplikasi SRIKANDI kedepannya dapat membawa perubahan yang berarti dalam pengelolaan arsip dinamis, dan juga untuk menambah nilai Lembaga Kearsipan Daerah Kota Tanjung Pinang nantinya, dalam penilaian Audit Kearsipan Eksternal (ASKE) guna mewujudkan Tanjung Pinang sebagai Bandar Smart City,” harap Amieka Hasraf.

Bimbingan Teknis Sistem Aplikasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi ini, lanjutnya, merupakan salah satu cerminan menyatukan langkah dalam memajukan kearsipan di era digital.  

Melalui Aplikasi ini, arsip yang tercipta dan dikelola dalam Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) akan lebih optimal dalam menghasilkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, dan dapat dipertanggungjawabkan, serta mudah diakses antar instansi pusat, serta instansi daerah.  

Kebijakan ini juga menitikberatkan pada pemanfataan data, yang tidak hanya penggunaan secara internal antar instansi, namun juga sebagai  pemenuhan kebutuhan data publik bagi masyarakat.  

BACA JUGA  Walau Situasi Darurat, Tanjung Pinang Terbaik Berliterasi Tingkat SD/MI Se-Kepri

Selain itu, Aplikasi SRIKANDI menjadi Aplikasi Umum di Bidang Kearsipan pada Sistem Pemerintahan berbasis analog dan digital, yang akan menjadi bukti akuntabilitas kinerja pemerintah daerah, dan memori Kolektif Bangsa.

Maka, telah dihadirkan Kepala OPD dan Kasubbag Umum dan Kepegawaian (melalui zoom meething) dan Admin OPD oleh Wali Kota Tanjung Pinang, sebagai salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Kota, dalam memberikan kejelasan pada pelaksanaan pengelolaan arsip dinamis, melalui aplikasi SRIKANDI di Lingkungan kerjanya masing-masing.  

Pada kesempatan itu, Amieka Hasraf juga meminta kepada seluruh Pimpinan OPD dan Unit Kerja, berkomitmen dan serius dalam melaksanakan penerapan AplikasI SRIKANDI dengan baik dan benar sesuai dengan Kaidah Tata Kearsipan atau peraturan yang berlaku, dengan harapan kegiatan ini dapat mendorong dan memotifasi bagi semua OPD, untuk terus meningkatkan kualitas tata kelola arsip melalui pemanfaatan aplikasi SRIKANDI.  

Sebagai stressing pada kegiatan tersebut, Amieka Hasraf menyampaikan ucapan terima kasih kepada Arsip Nasional Republik Indonesia yang telah mempercayakan Pemko Tanjung Pinang melaksanakan Implementasi e-Arsip Terintegrasi.  

Selanjutnya, Pemko Tanjung Pinang akan terus melakukan koordinasi untuk meminta bantuan baik moril maupun materil, guna sinergitas pemantapan Implementasi Aplikasi SRIKANDI ini.

“Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada para Narasumber dari Arsip Nasional, dengan harapan dapat memberikan dengan sejelas-jelasnya kepada peserta, tentang bagaimana pengelolaan arsip dinamis berbasis elektronik, e-Arsip terintegrasi SRIKANDI yang baik dan benar, sesuai dengan kaidah dan ketentuan yang berlaku, berikanlah waktu yang cukup kepada peserta untuk berdiskusi, tanya jawab memecahkan masalah di OPD dan Unit Kerjanya masing-masing,” ucap Amieka Hasraf.  

BACA JUGA  Pengumuman Pemenang Lomba Bertutur Tingkat SD dan MI Se-Kepri

Ia juga mengucapkan terima kasih Kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kepulauan Riau yang telah melakukan pembinaan kepada Lembaga Kearsipan Daerah Kota Tanjung Pinang, kedepannya agar dapat lebih baik lagi, bukan hanya ditingkat daerah saja tetapi bisa berbicara ke tingkat nasional dan memberikan arahan, agar Lembaga Kearsipan Daerah Kota Tanjung Pinang dan Dinas Komunikasi dan Informatika, agar saling berkoordinasi dalam menyelenggarakan Aplikasi SRIKANDI ke seluruh OPD dan Unit Kerja.  

“Kepada seluruh OPD dan Unit Kerja,  agar secara terus menerus dan serius, membenahi Penyelenggaraan Kearsipan, termasuk dalam peningkatan SDM kearsipan dan melengkapi sarana prasarana yang memadai untuk mewujudkan pelaksanaan Aplikasi SRIKANDI. Bagi peserta sosialisasi agar mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya hingga selesai, agar ilmu yang diberikan dapat diterapkan dan dapat dilaksanakan dengan baik,” pungkas Amieka Hasraf. (Red)

No More Posts Available.

No more pages to load.