LINGGA

Dinkes Lingga Gelar Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok

×

Dinkes Lingga Gelar Sosialisasi Kawasan Tanpa Rokok

Sebarkan artikel ini

LINGGA (SK) — Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lingga, gelar Sosialisasi Rancangan Peraturan Daerah Kawasan Tanpa Rokok (KTR) dan Bahaya Rokok Terhadap Kesehatan, diruang pertemuan Hotel Prima Inn, Dabo Singkep, Kamis (10/12/2015).

“Kita berharap dengan adanya Rancangan peraturan daerah (Ranperda) yang mengatur tempat-tempat yang tidak boleh merokok, seperti, Rumah Sakit Umum (RSU), Sekolah, dan tempat umum, kalau bisa di instansi Pemerintah yang memakai AC, dapat mengurangi angka perokok,” ucap dr Ignasius Luti, Kepala Dinas kesehatan, Lingga, Kamis (10/12/2015), di ruang pertemuan Hotel Prima Inn Dabo Singkep.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Dr. dr. Dumilah Ayuningtias, Mars. Dosen Universitas Indonesia, yang menjadi Narasumber dikegiatan ini, dalam materinya menyampaikan bahwa, kawasan bebas rokok ini akan sangat terwujud jika mendapat dukungan semua pihak, bicara masalah rokok dan bahayanya, masyarakat umumnya telah mengetahui, yang harus peduli adalah Pemerintah Daerah, khususnya Kepala Daerah dan Legislatif.

“Bahaya merokok bukan rahasia umum lagi, pentingnya kesadaran Kepala Daerah dalam mewujudkan hal ini sangat dibutuhkan, kita berharap Ranperda ini segera menjadi Perda,” terangnya.

Sementara itu, Narasumber dari Peneliti di Pusat pendidikan, kependudukan dan pembangunan, Universitas Mataram, Anwar Fahri, Menjelaskan, dampak dari rokok adalah terhadap kehidupan sosial dan ekonomi.

“Kita merasa miris karena untuk perokok pria kita diurutan pertama didunia, dan diurutan kedua dari jumlah keseluruhan perokok pria dan wanita,” unggahnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Sosialisasi Rancangan Kawasan Tanpa Rokok (Foto: Puspandito)
Sosialisasi Rancangan Kawasan Tanpa Rokok (Foto: Puspandito)