Disdik Kepri Gelar Rapat Teknis Komite Sekolah Se-Provinsi Kepri

oleh

BATAM (SK) — Sebagai upaya terobosan untuk membahas permasalahan yang bersifat krusial dewasa, khususnya masalah yang berkaitan dengan pensuksesan pembangunan pendidikan, peningkatan mutu dan daya saing pendidikan, maka Dinas Pendidikan Provinsi Kepri gelar Rapat Teknis Komite Sekolah Se-Provinsi Kepri Tahun 2015, yang dibuka secara resmi oleh Gubernur Kepulauan Riau, HM Sani, ditandai dengan pemukulan gong, di Hotel Golden View, Bengkong Laut, Batam, Senin (18/5/2015).

Dalam kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi kepri Drs H Yatim Mustafa M.Pd mengatakan, Komite sekolah merupakan sebuah badan mandiri yang mewadahi peran serta masyarakat dalam rangka meningkatkan mutu, pemerataan, dan efesiensi pengelolaan pendidikan disatuan pendidikan, baik pada pendidikan prasekolah, jalur pendidikan sekolah, maupun jalur pendidikan luar sekolah.

“Pada dasarnya, posisi komite sekolah berada ditangah-tengah antara orang tua murid, masyarakat dan kalangan swasta dengan pihak sekolah,” ujarnya.

Yatim menambahkan bahwa, komite sekolah bertujuan untuk mewadahi dan menyalurkan aspirasi dan prakarsa masyarakat dalam melahirkan kebijakan operasional dan program pendidikan disatuan pendidikan.

BACA JUGA  Disdik Kepri Gelar Pelatihan Kurikulum 2013

Seperti yang Yatim uraikan, adapun tujuan diadakan rapat teknis komite sekolah ini adalah, bertujuan untuk meningkatkan pemahaman terhadap tugas dan tanggung jawab komite sekolah sebagai mitra dan perpanjangan tangan dari orang tua/wali murid demi kemajuan dan peningkatan kualitas sekolah, serta meningkatkan kerjasama yang baik antara komite sekolah dengan pihak sekolah.

“Kita akan mencari solusi terkait permasalahan yang dihadapi komite sekolah dalam melaksanakan tugasnya terhadap pengelolaan dan penyelenggaraan pendidikan pada tingkat satuan pendidikan,” tambahnya.

Komite sekolah, papar Yatim, perlu juga pemahaman tentang peraturan/undang-undang dan informasi terbaru terkait penyelenggaraan pendidikan pada setiap satuan pendidikan.

Dari kegiatan ini Yatim mengharapkan, agar dapat menciptakan pehaman bagi komite sekolah akan tugas dan tanggung jawab sebagai mitra sekolah, terjalinnya kerjasama yang baik antara komite sekolah, serta menghasilkan kesepakatan bersama guna menyelesaikan permasalahan yang terjadi antara komite sekolah dan pihak sekolah.

Narasumber yang mengisi kegiatan ini terdiri dari, APSI Provinsi Kepri, Kabid Dikmen dan Dikdas, DPRD Komisi IV, dan dari Kanwil Kemenag. Adapun yang menjadi peserta dari kegiatan ini adalah, para pengurus komite sekolah dan unsur instansi terkait yang membidangi pendidikan di Kabupaten/Kota Se-Provinsi Kepri dengan jumlah 402 peserta. (SK-DY)

BACA JUGA  Disdik Kepri Gelar Pelatihan Pembelajaran Tematik
Disdik Kepri Gelar Rapat Teknis Komite Sekolah (Photo : Istimewa)
Disdik Kepri Gelar Rapat Teknis Komite Sekolah (Photo : Istimewa)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.