Disdik Kepri Gelar Workshop BOS Se-Provinsi Kepri

oleh

TANJUNGPINANG (SK) – Untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan Program Bantuan Operasional Sekolah (BOS), sekaligus meminimalisir permasalahan yang menghambat pelaksanaan Program BOS, khususnya terhadap data-data jumlah sekolah dan siswa penerima dana BOS dari Bank penyalur ke Sekolah, Dinas Pendidikan Provinsi Kepri menyelenggarakan kegiatan Workshop BOS Se-Provinsi Kepri. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Bidang Pendidikan Dasar Drs. H. Atmadinata, M.Pd, di Hotel Bintan Beach Resort, Tanjungpinang, Senin (11/5/2015).

Dalam sambutannya Kepala Bidang Pendidikan Dasar Drs. H. Atmadinata, M.Pd mengatakan, salah satu indikator penuntasan Wajib Belajar (Wajar) 9 tahun dapat diukur dengan Angka Partisipasi Kasar (APK) SD dan SMP.

“Pada tahun 2005 APK SD telah mencapai 115%, sedangkan SMP pada tahun 2009 telah mencapai 98.11%, sehingga program wajib belajar 9 tahun telah tuntas 7 tahun lebih awal dari target Deklarasi Education For All (EFA) di Dakar,” ungkap Atma.

BACA JUGA :  Disdik Kepri Gelar Pelatihan Sensori Integritas

Dikatakannya, Program BOS yang dimulai sejak bulan Juli 2005, telah berperan secara signifikan dalam percepatan pencapaian Program Wajar 9 tahun. Oleh karena itu, mulai tahun 2009 pemerintah telah melakukan perubahan tujuan, pendekatan dan orientasi program BOS, dari perluasan akses menuju peningkatan kualitas.

Sementara itu, Kepala Seksi Pembinaan SMP Kepri Nelson Yandry S.Kom.,MM mengatakan, maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah sebagai sarana koordinasi antar Tim Manajemen BOS di Tingkat Kabupaten/Kota, Provinsi dan Pusat untuk menyamakan persepsi dalam pelaksanaan Program BOS.

“Sekaligus untuk meminimalisir permasalahan yang menghambat pelaksanaan Program BOS khususnya terhadap data-data jumlah sekolah dan siswa penerima dana BOS dan permasalahan penyaluran dana BOS dari Bank Penyalur ke Sekolah, sehingga dana BOS yang disalurkan tepat waktu, tepat sasaran dan tepat guna sesuai petunjuk teknis,” kata Nelson.

BACA JUGA :  Virus Corona Mengancam, Dinas Pendidikan Kepri Belum Ambil Sikap

Peserta workshop ini, kata Nelson, terdiri dari Kepala Bidang Pendidikan Dasar dari Kabupaten/Kota, Manajer Tim Manajemen BOS Kabupaten/Kota, Kepala Seksi SMP Kabupaten/Kota dan Pendataan BOS Kabupaten/Kota berjumlah 28 peserta. Dengan nara sumber dari Dinas Pendidikan Provinsi Kepri antara lain, Drs. H. Atmadinata, M.Pd, Nelson Yandry S.Kom.,MM, Imam Rochani M.Si dan H Lego Suhada. (SK-RM)

LIPUTAN TANJUNGPINANG : RUSMADI

Disdik Kepri Gelar Workshop BOS Se-Provinsi Kepri<br/> (Photo : Istimewa)
Disdik Kepri Gelar Workshop BOS Se-Provinsi Kepri
(Photo : Istimewa)
Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.