Disdikbud Kota Tanjungpinang Gelar Pelatihan Mutu Pembinaan

oleh
– Gugus PAUD Kota Tanjungpinang Tahun 2014

TANJUNGPINANG (SK) — Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang menyelenggarakan kegiatan Pelatihan Mutu Pembinaan Gugus Paud Kota Tanjungpinang Tahun 2014. Kegiatan tersebut dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tanjungpinang, yang diwakilkan dengan Kepala Bidang Pendidikan Dasar Disdikbud Tanjungpinang Dra Hj Sukartini, bertempat di Hotel Bintan Plaza – Tanjungpinang, Senin (10/11/2014).

Dalam sambutannya Sukartini mengatakan, Perkembangan Pendidikan Anak Usia Dini dewasa ini sungguh sangat menggembirakan. Diawal berdirinya Kota Tanjungpinang jumlah Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini sangat sedikit.

“Dengan berjalanya waktu sampai tahun ini jumlah lembaga Pendidikan Anak Usia Dini telah mencapai 138 yang terdiri dari TK,KB,TPA dan POS PAUD. Jumlah Gugus PAUD yang dari 138 Lembaga PAUD telah dibentuk Kota Tanjungpinang sejumlah16 Gugus pada Tahun 2012,” ujar Sukartini.

BACA JUGA :  Dadang : Dukungan Orang Tua Wali Murid "DALAM PENDIDIKAN" Sangat Perlu

Gugus PAUD, kata Sukartini, merupakan kumpulan dari 3-8 lembaga PAUD yang berdomisili dalam area terdekat dalam suatu wilayah kecamatan. Fungsi Strategis ”Gugus PAUD” untuk penyamaan Persepsi antar Pendidik Anggota Gugus, saling bertukar Informasi tentang pemecahan masalah dalam berbagai hal utamanya yang terkait peningkatan kualitas layanan PAUD.

“Untuk menciptakan Gugus PAUD yang optimal, maka perlunya dilaksanakan pembinaan-pembinaan terhadap Gugus PAUD, agar membantu gugus dalam melaksanakan operasional kegiatan dikelompoknya masing-masing. Dengan demikian Pemerintah Kota Tanjungpinang senantiasa berupaya memberikan layanan dan kemudahan, serta menjamin terselenggaranya pendidikan yang berkualitas bagi setiap warga Kota Tanjungpinang pada khususnya,” kata Sukartini.

Dalam konteks Pembinaan Gugus PAUD, diharapkan dapat membantu para pengelola Gugus untuk terus mengoptimalkan dan meningkatkan kompetensi pendidik PAUD, melalui Kegiatan Pelatihan Mutu Pembinaan Gugus PAUD.

BACA JUGA :  Orang Tua Pasrah, Siswa Yang Dikeluarkan Belum Masuk Sekolah

“Melalui Kegiatan Pelatihan Mutu Pembinaan Gugus PAUD diusahakan para pengelola Gugus, maupun pendidik untuk terus belajar, bertanya dan mencari tambahan pengetahuan, supaya menjadi tenaga pendidik yang berkualitas terus ditingkatkan sesuai dengan perkembangan dan tuntutan zaman,” terang Sukartini.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Kegiatan, Siti Hajar menyampaikan, secara umum Gugus PAUD bertujuan untuk meningkatkan kinerja Pembinaan pendidikan, pendidik dan tenaga kependidikan dalam mengelola program PAUD secara professional yang efisien dan efektif.

“Gugus PAUD bertujuan untuk meningkatkan menjadikan wahana pembinaan pendidik dan tenaga kependidikan PAUD dalam hal Pengembangan dan inovasi pembelajaran PAUD, Optimalisasi sumber belajar, sarana/prasarana dan potensi lingkungan untuk peningkatan, pengembangan dan eksistensi anggota Gugus PAUD, Peningkatan komunikasi yang efisien dan efektif antar anggota komunitas Gugus PAUD, dengan orang tua peserta didik dan masyarakat, serta Fasilitasi terhadap akses fasilitas sumber-sumber pembelajaran dari lingkungan dan pemerintah,” terang Siti.

BACA JUGA :  Kadisdik Dadang : Tanjungpinang Harus Kembali “JADI KOTA PENDIDIKAN”

Sasaran dari kegiatan Pelatihan Mutu Pembinaan Gugus PAUD, Kata Siti adalah Pendidik PAUD yang bertugas sebagai pengurus Inti pada Gugus PAUD sebanyak 48 Orang se-Kota Tanjungpinang. (SK-001)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.