Dishubkominfo Usulkan Pembangunan Fasilitas Pelabuhan Sungai Tenam

oleh

LINGGA (SK) — Selamat, Kepala Bidang Laut, Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Lingga, telah mengusulkan pembangunan fasilitas penunjang pelabuhan Sungai Tenam, Kecamatan Lingga Utara, dalam pembahasan APBD-P Kabupaten Lingga tahun 2015.

“Pihaknya sangat berharap usulan tersebut dapat disetujui, hal ini mengingat target Pemerintah yang akan mengaktifkan jalur pelayaran domestik melalui Pelabuhan Sungai Tenam di tahun 2016, tinggal beberapa bulan lagi,” ujarnya kepada wartawan, Sabtu (12/9/2015).

Karena saat ini, tutur Selamat, yang siap baru pelabuhannya, ruang tunggu dan kantor, sementara fasilitas lainnya seperti, pembangunan portal retribusi, kantin, pos penjagaan, jaringan listrik, air, kantor pelayanan retribusi, parkir serta jalan menuju kantor dan lain sebagainya, belum ada.

“Untuk peningkatan berbagai fasilitas tersebut, diperkirakan akan menghabiskan anggaran sebesar Rp 2 Milyar,” terangnya.

Dengan aktifnya pelabuhan Sungai Tenam ini nanti, lanjut Selamat, merupakan cita-cita Pemkab Lingga dan Pemprov Kepri, karena memang dirancang untuk menunjang sektor, seperti ekonomi, pariwisata dan yang lainnya. Dengan dibukanya pelabuhan ini, jarak antara Batam dan Lingga hanya sekitar 1 Jam perjalanan laut.

BACA JUGA  Akses "TRANSPORTASI LAUT ke BENAN" Telah Aktif

“Namun kita menyadari, dengan kondisi keungan Daerah yang saat ini sedang sulit, adanya rencana Pemkab melakukan peminjaman Rp 50 Milyar kepada pihak ketiga, dan kita sangat mendukung upaya tersebut, tentunya ini akan dapat membantu kita mencapai target pembangunan pelabuhan tersebut,” imbuhnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Pelabuhan Sungai Tenam (Photo : Istimewa)
Pelabuhan Sungai Tenam (Photo : Istimewa)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.