KEPRITANJUNG PINANGWISATA BUDAYA

Dispar Kepri Gelar Lomba Baca “GURINDAM 12 FBK 2017”

×

Dispar Kepri Gelar Lomba Baca “GURINDAM 12 FBK 2017”

Sebarkan artikel ini
Kadis Pariwisata Kepri, Buralimar dan Para Undangan, serta Pemenang Lomba Baca Gurindam 12 FBK 2017. (Foto : Dedi Yanto)
– Inilah Para Pemenangnya.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Lomba Baca Gurindam 12 adalah salah satu dari rangkaian FBK (Festival Bahari Kepri) Tahun 2017, ditaja oleh Dinas Pariwisata Provinsi Kepri. Dimana pada lomba tahun ini memang tidak membedakan katagori, dan diikuti 31 peserta, yang dilaksanakan di Gedung Daerah, Tanjungpinang, Selasa, (17/10/2017), malam.

Adapun nama-nama pemenang peserta lomba tersebut adalah Fega Ananda (Juara I) dari SMP 9 Tanjungpinang, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 7.500.000,00, sementara Juara ke 2, M Alfatir, dari SMPN 4 Tanjungpinang, mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp 5.000.000,00, serta Juara ke 3, Syarifah Nazra Al Qudsi, dari SMPN 2 Tanjungpinang, dengan uang pembinaan sebesar Rp 3.000.000,00.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Disamping uang tunai, panitia juga menyediakan penghargaan bagi pembaca Favorit, yang masing-mading mendapatkan hadiah yang sama sebesar Rp 1.500.000,00.

Diantara pemenang Pembaca Favorit itu ialah Sofia Nurahma, dari SMPN 5 Tanjungpinang, Indriani dari MAN Tanjungpinang, dan Lulu Khairunisa dari SMPN 1 Tanjungpinang.

BACA JUGA :  “DRONER SINGAPURA” Berminat Jadi Peserta

Kadispar Kepri, Drs Buralimar M.Si, yang juga hadir menyebutkan, Gurindan 12 ini mengandung sarat ma’na, yang isinya bila diterapkan kepada generasi muda, tentunya dapat merubah karakter yang baik. Kedepannya, Ia akan mengusulkan agar Gurindam 12 ini dimasukkan ke dalam Kurikulum muatan lokal.

“Kalau Gurindam 12 ini bisa di hafal anak didik, tentunya perlahan akan menyerap kedalam hatinya dan bisa membentuk karekter generasi yang baik, berbudi luhur dan berbudaya ketimuran,” ungkapnya.

Buralimar memiliki harapan, mudah-mudahan dengan selalu digaungkannya Gurindam 12, dan dapat di hafal anak didik, sehingga berdampak pada perilaku generasi yang berkarakter baik, dapat menjadi perhatian serius bukan hanya Nasional, tapi Internasional.

BACA JUGA :  Rapat Akhir Persiapan "FESTIVAL BAHARI KEPRI"

“Kita tahu, Pantun sudah didaftarkan untuk menjadi Warisan Dunia ke Unesco, katagori tidak benda. Dan bukan tidak mungkin nantinya kedepan, Gurindam 12 juga akan menyusul,” pungkasnya.

Acara itu turut dihadiri PCO Kementerian Pariwisata RI, Ruli, yang juga turut menyerahkan hadiah kepada para pemenang. (SK-MU)