Disperindag Kepri Beri Bantuan Mesin dan Peralatan

oleh
– Bagi Pelaku IKM Kepri

TANJUNGPINANG (SK) — Pemerintah Provinsi Kepri melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Kepri memberikan bantuan mesin dan peralatan bagi pelaku Industri Kecil dan Menegah (IKM) Provinsi Kepri, bertempat di Klinik Kemasan Kantor Disperindag Provinsi Kepri, Jalan Yos Sudarso, Batu Hitam – Tanjungpinang, Rabu (12/11).

Kepala Disperindag Kepri Syed Muhammad Taufik SE dalam sambutannya mengatakan, selaku Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepri memberikan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan ini.

“Kegiatan ini sebagai suatu upaya komitmen kuat Pemerintah Provinsi Kepri dalam mengembangkan kemampuan pelaku industri kecil, baik secara kompetensi maupun kapasitas produksi, yang diharapkan mempunyai dampak positif pada pengembangan usaha, sekaligus peningkatan kesejahteraan ekonomi masyarakat terutama pelaku IKM,” kata Taufik.

Dikatakan, Pemerintah Daerah melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Kepri, bekerja sama dengan stake holder yang ada, melihat bahwa keberadaan industri mikro kecil dan menengah sebagai salah satu sektor yang penting di Provinsi kepri.

“Untuk itu, dalam mendukung pengembangan industri mikro kecil dan menengah, salah satu usaha dalam meningkatkan kapasitas produksi pelaku usaha, selain melakukan bimbingan teknis atau pelatihan, juga memberikan bantuan mesin dan peralatan kepada para pelaku IKM di Provinsi Kepri,” ujar Taufik.

BACA JUGA  Disperindag Kepri Gelar "PELATIHAN KERAJINAN KAYU"

Penguatan kapasitas usaha Industri Mikro Kecil dan Menengah (IMKM) di Provinsi Kepri, kata Taufik, kini semakin mendesak. Terutama guna menghadapi pemberlakuan pasar tunggal ASEAN Economic Dommunity (Pemberlakuan Pasar Tunggal ASEAN), yang direncanakan pada tanggal 1 Januari 2015 mendatang.

“Saat ini hampir sekitar 87 persen perusahaan atau entitas bisnis didaerah Kepri berstatus UMKM. Dimana sumbangan dunia UMKM ke Produk Domestik Bruto (PDB) daerah masih terlihat kecil dibandingkan dengan sektor-sektor lain,” jelas Taufik.

Namun demikian, kata Taufik, sektor ini memiliki peranan penting dalam perekonomian daerah. Sektor ini mampu menyerap tenaga kerja dalam jumlah besar dan juga memberikan dampak ekonomi secara langsung pada kehidupan masyarakat sekitarnya.

“Dengan adanya bantuan mesin dan peralatan ini, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kerja IKM, baik jumlah produk yang dihasilkan maupun kecepatan dari proses penyelesaian produk, serta dapat meningkatkan mutu produk yang dihasilkan oleh IKM,” harap Taufik.

Kepada penerima bantuan, tambah Taufik, agar dapat memanfaatkan mesin dan peralatan dengan sebaik-baiknya, melakukan pemeliharaan dan perawatan secara berkala, sehingga mesin peralatan tersebut dapat dimanfaatkan sebesar-besarnya untuk meningkatkan mutu produk dan kapasitas produksi.

BACA JUGA  Disperindag Kepri Gelar Pelatihan Kewirausahaan dan Pembuatan Handycraft

Sementara itu, Ketua Pelaksana kegiatan dan juga sebagai Sekretaris Disperindag Kepri Ir Saut M Siallagan MM, dalam laporannya menyampaikan, penerima bantuan mesin dan peralatan telah diseleksi dan dilakukan kunjungan/observasi langsung kepada 27 penerima yang merupakan pelaku IKM yang berasal dari Kabupaten/Kota di Provinsi Kepri.

“Dengan jumlah mesin dan peralatan yang diberikan sebanyak 47 unit itu, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan kapasitas produk pelaku IKM di masa akan datang,” ujar Saut.

Masing-masing Kabupaten/Kota yang menerima bantuan antara lain dari Kota Tanjungpinang sebanyak 10 penerima, dari Kabupaten Bintan 1 penerima, dari Kabupaten Lingga 7 penerima dan dari Kota Batam sebanyak 9 penerima. (SK-001)

LINK : http://en.calameo.com/read/0037453927df10e0ff6a4

 

 

No More Posts Available.

No more pages to load.