Disperindagkop Lingga Akan Laksanakan OP

oleh

– Terkait Semakin Naiknya Harga Beras di Lingga

LINGGA (SK) — Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkops) Kabupaten Lingga, akan mengadakan operasi pasar (OP), terkait semakin naiknya harga beras di Lingga. Saat ini harga beras yang beredar dipasar Dabo Singkep, berkisar antara Rp 300 Ribu hingga Rp 350 Ribu untuk per saknya.

Kepala Bidang (Kabid) Perdagangan Dalam Negeri, Disperindagkop Lingga, Razwin Abdullah, menuturkan, kenaikan harga beras ini sebenarnya tidak hanya terjadi di Lingga saja, boleh dikatakan satu Kepri naik semua, hanya presentasenya Daerah mana yang lebih dekat dengan pusat kota sedikit lebih murah, karena pendistribusiannya lebih mudah dan dekat.

“Untuk masalah ini saya telah berkoordinasi dengan Kepala Dinas dan kita telah membuat proposal kepada Bea cukai Tanjung Balai Karimun, karena mereka mempunyai program hibah beras ke masyarakat, untuk kita telah mencoba untuk menerobos dengan permohonan guna mendapatkan beras hibah tersebut,” ucapnya, kepada Sijori Kepri, Senin (16/11/2015), kemarin.

Selain itu, kata Razwin, kita juga telah menyampaikan surat ke Bulog Tanjungpinang, karena Bulog Dabo singkep masih dibawah koordinasi Bulog Tanjungpinang, untuk meminta OP, dan untuk prosedur OP telah kita tempuh, tinggal menunggu balasan dari Bulog Tanjungpinang.

“Untuk OP, beras tersebut tidak gratis, namun, dijual dengan harga dibawah harga pasaran, paling tidak dijual dengan harga 5 hingga 6 Ribu Rupiah untuk per kilonya,” terangnya.

Kenaikan harga beras ini, lanjut Razwin, merupakan imbas dari program Pemerintah Pusat yang melarang kita mengunakan beras import, harus beras lokal semua, sementara Daerah penghasil beras berada di Jawa dan Sumatra, sedangkan Daerah kita cukup jauh dari Daerah penghasil beras, sehingga beras lokal yang sampai ditempat kita harganya jadi tinggi.

“Beras ini pun nantinya kita usahakan untuk distribusikan ke 9 Kecamatan yang ada di Kabupaten Lingga, dan diharapkan penyalurannya pun dapat merata ke masyarakat,” imbuhnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Gudang Bulog Dabo Singkep (Foto: Puspandito)
Gudang Bulog Dabo Singkep (Foto: Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.