Doli Boniara Hadiri Pertemuan Di TPID Bintan

oleh

– Antisipasi Gejolak Inflasi

BINTAN (SK) — Dalam kondisi perekonomian global, yang mengalami penurunan akan berdampak pada perekonomian Indonesia, termasuk di Daerah. Bintan, salah satu daerah yang mengalami dampak pelemahan ekonomi, dimana tanpa dipungkiri akan berpengaruh pada inflasi.Untuk mengantisipasi dampak tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Bintan, melalui Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), melakukan rapat koordinasi bersama perwakilan Bank Indonesia, yang juga melibatkan pengusaha dan stake holder lainnya, Rabu (9/9/2015).

Pertemuan dengan agenda “Dampak Melemahnya Nilai Tukar Rupiah dan Pengaruhnya Terhadap Perekonomian di Daerah” ini sebagai salah satu bentuk koordinasi dalam upaya menjaga ketersediaan dan stabilitas harga komoditas, sehingga dapat mengendalikan angka inflasi.

Selain itu, hal ini juga merupakan salah satu fungsi koordinasi lintas sektor antara SKPD dan Pemerintah Pusat, untuk menjalin kerjasama penanggulangan kenaikan-kenaikan harga, supaya tidak terjadi gejolak yang berlebihan.

Beberapa waktu terakhir kita mengalami pelemahan bidang perekonomian. Pelemahan ekonomi Indonesia sebagai akibat dari pelemahan ekonomi secara global.

Selain penurunan pertumbuhan ekonomi di Asia khususnya China, salah satu penyebabnya pelemahan ekonomi Indonesia dilihat dari perkembangan perekonomian Negara Amerika ketika berencana akan memberlakukan suku bunga yang baru sekitar bulan Mei lalu ditambah lagi dengan asumsi yang belum jelas maka akan menimbulkan ekspetasi pasar.

BACA JUGA  Doli : ASN di Kabupaten Bintan Harus Miliki Terobosan Baru

Apabila terjadi kenaikan suku bunga sebesar 1% saja, maka efeknya terhadap perekonomian global sangat besar. Kita berharap perekonomian Indonesia akan tumbuh sebesar yang terjadi beberapa tahun yang lalu.

Dalam menyusun  kebijakan ekonomi di Kabupaten Bintan, Pemerintah juga mendengar berbagai masukan tidak hanya dari kalangan Pemerintah baik di Daerah maupun Pusat, tetapi juga dari kalangan pelaku usaha baik pengusaha besar maupun kecil.

Pertemuan yang berlangsung di Ruang Rapat 3 Kantor Bupati Bintan ini, turut dihadiri juga oleh Penjabat Bupati Bintan, Drs. Doli Boniara, M. Si, Sekda Bintan, Lamidi, Asisten Bupati, dan perwakilan dari BI. (SK-DY/R)

Doli Boniara Hadiri Pertemuan Di TPID Bintan (Photo : Humas Bintan)
Doli Boniara Hadiri Pertemuan Di TPID Bintan
(Photo : Humas Bintan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.