BATAMPOLITIK

DPRD Kota Batam Sahkan Ranperda Fasilitasi P4GN-PN

×

DPRD Kota Batam Sahkan Ranperda Fasilitasi P4GN-PN

Sebarkan artikel ini
DPRD Kota Batam gelar Rapat Paripurna pengesahan Ranperda Fasilitasi P4GN-PN. (Foto : Ist)

BATAM – DPRD Kota Batam mengesahkan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Fasilitasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN).

Ranperda Fasilitasi P4GN-PN disahkan pada Rapat Paripurna dengan agenda Laporan Pansus Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Fasilitasi Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN), di Ruang Rapat Utama DPRD Kota Batam, Rabu (18/10/2023).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, yang diwakilkan Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, menyampaikan apresiasi kepada Tim Pansus DPRD Kota Batam, yang telah menyepakati Ranperda tentang Fasilitasi, Pencegahan, Pemberantasan, penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN-PN).

“Terima kasih dan apresiasi kepada pimpinan, anggota dan seluruh Pansus DPRD Kota Batam,” kata Jefridin.

Berdasarkan hasil survei tahun 2021, didapati tingkat penyalahgunaan narkoba di Kota Batam selalu meningkat setiap tahunnya sebesar 1,95 persen atau 3,6 juta jiwa. Sehingga, Jefridin menyampaikan bahwa Peraturan Daerah (Perda) ini implementasinya harus segera dilaksanakan. 

“Jika tidak adanya langkah serius dari pemerintah dan stakeholder terkait, maka Batam rentan terhadap ancaman narkotika. Maka perlu kerja sama dalam rangka menciptakan Batam sebagai kota yang tanggap dari ancaman narkoba,” paparnya. 

Perda ini juga ditetapkan menyesuaikan dengan Peraturan Daerah Kota Batam Nomor 5 Tahun 2010 tentang Pencegahan, Penanggulangan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Narkotika, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya di Kota Batam. Dan penyesuaian terhadap aturan Pemerintah Pusat, Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2019 tentang Fasilitasi Pencegahan, Pemeberantasan, Penyakahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika.

“Mari untuk mewujudkan Batam Bersinar (Bersih Narkotika), diharapkan agar seluruh stake holder terlibat secara aktif menyosialisasikan bahaya narkotika,” ajaknya.

Dengan dukungan semua pihak, ia yakin Perda ini akan membawa Batam sebagai kota yang tanggap dari ancaman narkotika. 

Jefridin juga berharap, melalui Perda ini akan berdampak positif bagi kehidupan masyarakat dan pembangunan Kota Batam. 

Penetapan Perda ditandai dengan penandatanganan keputusan bersama, antara DPRD Kota Batam dan Pemerintah Kota Batam. ***

(Red)

Follow