LINGGA

DPRD Lingga Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ dan Pandangan Umum Fraksi

×

DPRD Lingga Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ dan Pandangan Umum Fraksi

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin, bersama Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Aziz Martindaz, Al Ghazali dan Bupati Lingga, Muhammad Nizar. (Foto : Ist)

ADVETORIAL DPRD LINGGA

Bupati Lingga Muhammad Nizar penyampaian LKPJ Pemerintah Kabupaten Lingga selama Tahun Anggaran 2023. (Foto : Ist)
DPRD Kabupaten Lingga Gelar Rapat Paripurna Penyampaian LKPJ Bupati Lingga dan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi. (Foto : Ist)

LINGGA – DPRD Kabupaten Lingga menggelar rapat paripurna dengan dua agenda sekaligus. Rapat dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Ahmad Nashiruddin, pada Senin 25 Maret 2024.

Turut hadir Wakil Ketua DPRD Kabupaten Lingga, Aziz Martindaz S.Pd dan Al Ghazali, S.Ag, M.H.I serta anggota DPRD Lingga. Paripurna itu dihadiri langsung oleh Bupati Lingga, Muhammad Nizar, Sekda Kabupaten Lingga, Armia dan kepala Dinas setempat.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Rapat yang berlangsung digelar di Ruang Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Lingga ini juga dilanjutkan dengan Penyampaian Laporan Pandangan Umum Fraksi-Fraksi terhadap LKPJ Bupati Lingga.

Bupati Lingga dalam penyampaian LKPJ-nya memaparkan capaian kinerja Pemerintah Kabupaten Lingga selama Tahun Anggaran 2023.

Capaian tersebut meliputi berbagai bidang, seperti bidang pemerintahan, pembangunan daerah, kesejahteraan rakyat dan lainnya.

Bupati Lingga M Nizar, menyampaikan bahwa visi pembangunan Kabupaten Lingga sebagaimana tertuang di dalam Perda Nomor 6 Tahun 2021 Tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah tahun 2021-2026 sebagai berikut

“Terwujudnya Kabupaten Lingga Sebagai bunda Tanah Melayu yang Maju dan Sejahtera”

Dalam rangka mewujudkan pencapaian pembangunan jangan menengah Kabupaten Lingga Tahun 2021-2026 makan disusunlah lima misi pembanguan;

  1. Mewujudkan Sumber Daya manusia yang berkualitas dan berdaya saing
  2. Mempercepat Pemerataan Pembangunan Infrastruktur yang Berkelanjutan
  3. Mewujudkan Pembangunan Ekonomi Berbasis Potensi Unggulan
  4. Mewujudkan Tata Kelola Pemerintah yang Baik (Good Governance)
  5. Mewujudukan Kehidupan Masyarakat yang Tertib, Aman dan berbudaya Berlandaskan Nilai-nilai Agam

Selanjutnya, fraksi-fraksi di DPRD Kabupaten Lingga menyampaikan pandangan umum mereka terhadap LKPJ Bupati tersebut.

Pandangan umum fraksi-fraksi ini berisi apresiasi atas capaian kinerja yang telah diraih Pemerintah Kabupaten Lingga, serta saran dan masukan untuk perbaikan kinerja di masa depan.

Rapat Paripurna LKPJ Bupati ini merupakan salah satu bentuk akuntabilitas dan transparansi Pemerintah Kabupaten Lingga kepada masyarakat.

Dengan penyampaian LKPJ ini, diharapkan masyarakat dapat mengetahui kinerja Pemerintah Kabupaten Lingga selama Tahun Anggaran 2023.

Berikut Pandangan Fraksi-fraksi :

Fraksi NasDem

Mengapresiasi kinerja Pemerintah Daerah atas LKPJ yang disampaikan. LKPj, merupakan muara bagi perwujuduan pemerintah yang baik. Esensi ini akan dapat diwujudkan dalam praktek pemerintah, apabila benar-benar dilakukan secara transparan, jujur, demokratis dan responsive.

Dengan Cara Inim pula pemerintah daerah mampu memlakukan evaluasi secara kritis, objektif dan akurat atas kinerja setiap kegiatan program dan kebijakan serta segenap kendala yang terjadi.

Fraksi Golkar

Dalam pandangan Fraksi Golkar mengingatkan agar Pemerintah Daerah lebih meningkatkan hal-hal yang bersifat pelayanan dasar kepada masyarakat yang merupakan tugas utama pemerintah daerah.

Fraksi Golkar turut mengapresiasi tentang pentingnya LKPJ Bupati Lingga akhir tahun anggaran 2023.

Fraksi Demokrat Perjuangan Bangsa

Fraksi ini meminta kebijakan alokasi anggaran kedepan perlu lebih progresif untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat serta kemiskinan dan pemerataan kesejahteraan. Perlu efisiensi belanja bukan prioritas. Selain itu relokasi anggaran pembangunan infrastruktur yang tidak penting dan tidak mendesak tidak diutamakan.

Fraksi Demokrat Perjuangan Bangsa juga mengingingkan Pemerintah Daerah kedepan lebih bekerja keras dan serius lagi, untuk menurunkan angka kemiskinan di wilayah Bunda Tanah Melayu.

Fraksi Keadilan Pembangunan

Fraksi ini melalui Paripun tersebut menyampaikan 3 pandangan terkait LKPJ 2023 yang disampaikan Bupati Lingga M Nizar, salah satunya meminta Bupati lebih gencar mencari peluangan anggaran untuk pembangunan Kabupaten Lingga dari kementerian, Dirjen, atau pun pihak ketiga.

Karena persoalan utama pendapatan daerah yaitu tergantung pemerintah daerah Kabupaten Lingga terhadap dana transfer pemerintah pusat. ***

(ADVETORIAL DPRD LINGGA)