Dua Pelaku Curanmor Diringkus di Batam, 4 Unit HP dan 7 Motor Curian Diamankan

oleh
Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt, bersama 2 pelaku Curanmor yang berhasil diamankan tim Subdit 3 Ditreskrimum Polda Kepri. (Foto : Ist)

BATAM – Seorang pelaku tindak pidana pencurian sepeda motor (Curanmor) berinisial AW yang sering beraksi di Kota Batam bersama seorang penadah berinisal DS berhasil diringkus tim Subdit 3 Ditreskrimum Polda Kepri, Kamis, 19 Januari 2023.

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt, membenarkan tentang penangkapan kedua pelaku Curanmor berinisial AW dan DS.

“Adapun barang bukti yang berhasil diamankan, yaitu 4 (empat) unit handphone (HP) dan 7 (tujuh) unit sepeda motor dengan berbagai merk,” kata Kombes Pol Harry Goldenhardt, didampingi Dir Reskrimum Polda Kepri, Kombes Pol Jefri Ronal Parulian Siagian, dan Kasubdit 3 Dit Reskrimum Polda Kepri AKBP Robby Topan Manusiwa, saat Konferensi Pers di Mapolda Kepri, Kamis, 19 Januari 2023.

Harry menjelaskan, kronologis kejadian berawal pada hari Sabtu, tanggal 31 Desember 2022 sekira pukul 01.00 WIB di Ruko Hang Kesturi Legenda, Belian, Kota Batam, dan pihaknya saat ini baru mengamankan 2 (dua) orang tersangka berinisial AW sebagai pencuri sepeda motor dan DS sebagai penampung/ penadah hasil curian.

BACA JUGA :  Sepeda Motor Milik Korban Curanmor Dikembalikan

“Yang kita amankan baru 2 (dua) tersangka dari kelompok ini, 1 (satu) tersangka lagi sedang dalam pengejaran dan kabur ke daerah Palembang,” ungkap Harry.

Harry juga menerangkan, sebelum kejadian penangkapan, pada 16 Januari 2023, tim mendapatkan informasi keberadaan tersangka Curanmor di wilayah Kota Batam dan langsung direspon Subdit 3 Ditreskrimum Polda Kepri. 

“Tim melakukan penyelidikan, dimana lokasi diketahui di wilayah Bengkong. Saat di lokasi tim berhasil mengamankan tersangka AW yang merupakan tersangka Curanmor di wilayah Kota Batam,” ucap Harry.

Selanjutnya, tim melakukan pengembangan dari tersangka AW, dan berhasil diamankan tersangka kedua yaitu DS, yang disebut-sebut sebagai penadah.

Kasubdit 3 Dit Reskrimum Polda Kepri, AKBP Robby Topan Manusiwa, menambahkan, pihaknya berhasil mengamankan beberapa barang bukti dari tersangka, yaitu 7 (tujuh) unit sepeda motor dan alat bukti seperti kunci T dan kunci duplikat. 

BACA JUGA :  Miliki Sabu dan Ganja, Seorang Pria Ditangkap di Bengkong

“Dalam aksinya, mereka menggunakan kunci duplikat untuk mencuri sepeda motor. Dan motor yang berhasil dicuri mereka sebanyak 7 (tujuh) unit berbagai merek,” kata AKBP Robby Topan Manusiwa. 

Usai melakukan aksinya itu, lanjut Topan, para pelaku akan menjual kendaraan hasil curian tersebut di wilayah Kota Batam. 

“Hasil curian itu akan dijual secara acak, siapa saja yang mau di Kota Batam, dan dari hasil pemeriksaan sementara motif pencurian karena faktor ekonomi,” pungkasnya. 

Akibat perbuatannya, tersangka dikenakan pasal 363 Ayat (1) ke 5 KUHPidana dengan ancaman hukuman penjara selama-lamanya 7 tahun. ***

[afr]

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.