, ,

Dua Tahun Numpang di TPA, Akhirnya SMAN 1 Singkep Pesisir Dapat Bantuan RKB

oleh
Dua Tahun Numpang di TPA, Akhirnya SMAN 1 Singkep Pesisir Dapat Bantuan RKB 1
Guru SMA Negeri 1 Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga. (Foto : M Ridwan)

Sijori Kepri, Lingga – Penantian panjang selama dua tahun, SMA Negeri 1 Singkep Pesisir, Kabupaten Lingga, mendambakan punya Ruang Kelas Baru (RKB), akhirnya membuahkan hasil. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kepulauan Riau (Kepri), melalui Dinas Pendidikan Kepri, menggelontorkan anggaran APBD Kepri, untuk membangun dua ruang RKB SMAN 1 Singkep Pesisir.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Sekolah SMAN 1 Singkep Pesisir, Endi Wijaya, mengatakan, meski pengerjaan pembangunan belum terlaksana, namun informasi yang ia terima, proses pembangunannya akan dikerjakan tahun 2020 ini.

”Selama ini, siswa numpang belajar di gedung Tempat Pengajian Al Quran (TPA). Berstatus pinjam pakai hak milik Desa Lanjut. Dengan adanya pembangunan RKB ini, kami akan bisa melaksanakan proses belajar mengajar di lokasi sendiri,” katanya, Jumat, (10/7/2020).

Jumlah siswa SMAN 1 Singkep Pesisir mencapai 108 siswa. Terdiri kelas X sebanyak 48 siswa, Kelas XI sebanyak 39 siswa dan Kelas XII sebanyak 21.

”Tahun 2020 ini, kita juga menerima calon peserta didik baru. Kuota penerimaan sebanyak 48 orang, dibagi bagi 2 jurusan. IPA sebanyak 25 orang dan IPS sebanyak 23 orang,” kata Endi Wijaya.

Predikat C yang diperoleh SMAN 1 Singkep Pesisir dinilai cukup membanggakan, mengingat sekolah tersebut belum sampai 3 tahun berdiri. Endi berharap unit gedung baru tahun 2020 ini dibangun, agar kegiatan belajar mengajar bisa lebih dioptimalkan.

“Tahun ajaran baru 2020, peserta didik bertambah. Artinya kami kekurangan kelas. Jadi untuk sementara, saya dan majelis guru rencananya kegiatan belajar mengajar akan di bagi menjadi 2 shif, yaitu pagi dan siang,” jelas Endi Wijaya.

Terpisah, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Kepri, Hanafi Ekra, mengatakan, DPRD Kepri telah menyetujui pembangunan RKB SMAN 1 Singkep Pesisir ini. Proses pembangunan dilaksanakan menggunakan APBD Kepri murni tahun 2020.

Tahun 2020, di Lingga ada dua sekolah yang akan dibantu RKB. Salah satu SMAN 1 Singkep Pesisir.

“Alhamdulillah tahun 2020 ini, Lingga ada 2 titik yang sudah kita anggarkan untuk pembangunan unit gedungnya, SMA di Kecamatan Kepulauan Posek dan SMAN di Kecamatan Singkep Pesisir. Sebetulnya kalau tidak ada pendemi Covid-19, pembangunan tersebut sudah selesai,” kata Hanafi Ekra.

Awalnya, perencanaan pembangunan gedung sekolah tersebut akan dilaksanakan tahun 2019 lalu. Namun Pemprov Kepri membatalkannya.

“Jadi tahun 2020 ini, kami upayakan pembangunan gedung tersebut secepatnya direalisasikan,” tutupnya. (Wak Rid)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *