Efendri Alie: kita akan terbitkan Daftar Pencarian Orang

oleh

– Terkait Kasus Penipuan Pompong dan Alat Tangkap Nelayan

LINGGA (SK) – Terkait kasus penipuan yang dilakukan oleh ZR, yang mengaku dari Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Kepri, terhadap Nelayan Desa Selayar, Kecamatan Selayar, untuk bantuan pengadaan pompong 3 GT hingga 5 GT serta alat tangkap berupa 45 fiz jaring, yang disebut-sebut bantuan dari DKP Provinsi Kepri, yang diurus oleh ZR yang dibantu oleh perangkat Desa, mulai masuk ke ranah hukum.

“Saat kita telah memeriksa perangkat Desa, yakni, Kades dan BPD, sementara ZR belum diperiksa, karena belum diketahui dimana keberadaannya, dalam waktu dekat ini kita akan terbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) nya,” ujar Kasat Reskrim Polres Lingga, AKP Efendri Alie, kepada Sijori Kepri, Senin (19/10/2015), diruang kerjanya.

Sejumlah nelayan yang telah mengeluarkan dana, tutur Efendri Alie, sebesar Rp 10-15 Juta per orang demi mendapatkan pompong tersebut, namun, ditunggu hingga 2 tahun mereka belum juga menerima pompong bantuan yang disebut-sebut bantuan DKP tersebut, setelah kita melakukan pengecekan di DKP Provinsi Kepri, bantuan tersebut tidak ada, kalau pun ada Pihak DKP tidak pernah meminta dana dalam memberikan bantuan.

BACA JUGA  Jajaran Polres Lingga Amankan Pelaku Pembalak Kayu

“Dari 14 korban penipuan yang telah kita periksa, mereka mengaku belum menerima pengembalian uang yang telah mereka serahkan ke ZR, kalau pun ada hanya dalam jumlah kecil saja,” ungkap pria penyandang tiga balok dipundaknya ini.

Untuk penanganan kasus ini, lanjut Efendri, untuk penegakan hukumnya adalah mencari keadilan, jika uang yang diambil dari masyarakat dapat dikembalikan lagi dan masyarakat merasa tidak dirugikan bisa saja kasus ini selesai, namun, kalau menurut dari kacamata hukum, prosesnya tetap berlanjut, sehingga tidak ada lagi Mr ZR lainnya yang melakukan hal yang sama.

“Untuk dugaan ada atau tidaknya aparat Desa yang ikut dalam kasus ini, semuanya tergantung dari keterengan ZR, menurut pengakuan Kades yang telah diperiksa, dia (Kades-Red) Bahkan telah membantu warganya agar ZR secepatnya uangnya dikembalikan,” terangnya.

Terakhir, Kasat Reskrim menjelaskan, Saat ini ZR nya yang masih dalam pencarian, menurut keterangan sekitar 3 bulan yang lalu, ZR masih berada di Lingga, dan dari informasi terakhir kita mendapat kabar ZR telah berada di kalimantan.

BACA JUGA  Warga Natuna Nyaris Tertipu Petugas Telkomsel

“Kita hanya berharap ZR koperatif untuk menyerahkan diri untuk kasus ini, dan kasus ini bukan kasus Tipikor, namun, murni kasus penggelapan, dikenakan dengan pasal 378 tentang penipuan,” imbuhnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Kasat Reskrim Polres Lingga, AKP Efendri Alie (Photo : Puspandito)
Kasat Reskrim Polres Lingga, AKP Efendri Alie (Photo : Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.