FKDM Kepri Silaturrahmi Ke Pengurus FKDM Tanjungpinang

oleh
Kaban Kesbangpol Kepri, Lamidi, Kabid Wasnas Kesbangpol Tanjungpinang, Hasanuddin, bersama Pengurus FKDM Provinsi Kepri dan FKDM Kota Tanjungpinang. (Foto : Ist)

FKDM Kepri Silaturrahmi Ke Pengurus FKDM Tanjungpinang
– Didampingi Kaban Kesbangpol Kepri.

SIJORIKEPRI.COM, TANJUNGPINANG — Forum Komunikasi Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Provinsi Kepri melakukan Kunjungan Kerja dan Silaturrahmi Ke Kesbangpol Kota Tanjungpinang untuk bersilaturrahmi dengan FKDM Kota Tanjungpinang, Jumat, (9/8/2019).

Ketua FKDM Kepri, Ridarman Bay SE MM, hadir langsung bersama Sekretaris Drs Nazarudin, Bendahara Rini Pratiwi S.Pd M.Pd dan pengurus lainya Drs Edward Mandala, Apriansyah SH, dan Jon Anton

Turut mendampingi Kunjungan Kerja tersebut Kepala Badan Kesbangpol Kepri, Ir Lamidi MM, Kasubid Hubungan Antar Lembaga, Nurman Edi SIP.

Menurut Ridarman Bay, FKDM datang untuk melakukan silaturahmi dan akan
terus membangun komunikasi efektif dengan pengurus FKDM di Kabupaten dan Kota di Provinsi Kepri.

Sejak kepengurusan FKDM di SK-kan oleh Gubernur Kepri pada Januari lalu, FKDM selalu menyampaikan potensi-potensi kerawanan, terkait sosial kemasyarakatan dan ekonomi, serta bidang budaya dan lainnya ke Gubernur.

BACA JUGA :  FPK Kepri Lakukan Audiensi Dengan Plt Gubernur Kepri

Menurut Ketua FKDM Kepri, Ridarman Bay, FKDM yang merupakan organisasi yang dibentuk pemerintah, melaporkan setiap potensi kerawanan ke Gubernur melaui Kesbangpol.

“Sesuai fungsi dan tanggung jawab, kita menjaring data dari kehidupan masyarakat dan menganalisa data lalu dilaporkan ke Gubernur,” kata Ridarman.

Dalam kunjungan, rombongan FKDM Kepri disambut Kabid Ketahanan Nasional Drs Hasanuddin, dan sejumlah pejabat Kesbang lainya. Sementara dari FKDM Kota Tanjungpinang ada Syamsul, selaku Ketua FKDM, didampingi sejumlah anggota.

Dalam pertemuan yang dibalut dengan silaturrahmi itu, pihak Kesbangprov, Kota Tanjungpinang dan FKDM lebih banyak membahas tentang peran dan fungsi FKDM untuk meningkatkan kewaspadaan dari Ancaman Tantangan Hambatan dan Gangguan (ATHG) yang berpotensi mengganggu stabilitas daerah.

“Peran masyarakat dalam meningkatkan kewaspadaan sangat penting, apalagi menghadapi Pilkada 2020, mesti menjadi atensi bersama,” kata Ridarman Bay.

Dalam pertemuan itu, disebutkan setiap laporan FKDM, akan diteruskan secara berjenjang melaui Kesbang hingga disampaikan ke Kemendagri setiap harinya.

BACA JUGA :  10 Ribu Penduduk Anambas Masih Pengangguran

Kabid Kesbang dan Wasnas Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Tanjungpinang, Drs Hasanudin, menambahkan, peran dan fungsi FKDM untuk meningkatkan kewaspadaan dari ATHG yang akan mengganggu stabilitas daera. Pentingnya peran masyarakat dalam kontribusinya meningkatkan kewaspadaan dininya, sehingga segala potensi gangguan dapat diatasi segera dan membekali intelijen dasar untuk seluruh anggota FDKM se Provinsi kepri. Saat ini Anggota FKDM Kota Tanjungpinang berjumlah 26 orang, terdiri dari satu orang di setiap Kelurahan dan Kecamatan Kota Tanjungpinang

Sementara itu Kepala Badan Kesbangpol Kepri, Ir Lamidi MM, menyampaikan, tujuan FKDM memberikan laporan setiap hari yang menyangkut ATHG di Provinsi Kepri, hal ini dilakukan karena FKDM ini merupakan wujud bela negara dengan memberikan informasi stabilitas daerah. Pentingnya perhatian pemerintah untuk mendukung pelaksanaan tugas FKDM.

BACA JUGA :  Kesbangpol dan BPBD Kepri Bersilarahmi Dengan Danrem 033/WP

Untuk itu, Lamidi meminta FKDM Kota Tanjungpinang dalam menjalankan tugas dan fungsinya lebih aktif dalam memberikan informasi ATHG,dan perlunya mengadakan pembekalan terhadap FKDM se-Provinasi Kepri.

Ditambahkan Ridarman Bay, mengharapkan, pertemuan ini tidak sebatas hari ini saja, tapi berkesinambungan. Untuk itu, dalam waktu dekat akan dilaksanakan pertemuan FKDM se-Provinsi Kepri, yang akan difasilitasi oleh Bakesbangpol Provinsi Kepri berupa sosialisasi Permendagri No 2.

Diakhir pertemuan, Hasanudin mengucapkan terima kasih atas kunjungan silaturrahmi itu. (ds)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.