Gubernur Ansar : Akhir Tahun 2023, Bandara Karimun Sudah Bisa Disinggahi Pesawat Boeing 737

oleh
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, bersama warga Kabupaten Karimun yang tinggal di Jakarta. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menghadiri acara halal bihalal dan pelantikan pengurus Kerabat Kabupaten Karimun Jakarta (K3J). (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Jakarta — Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menghadiri halal bihalal dan pelantikan pengurus Kerabat Kabupaten Karimun Jakarta (K3J) di Gedung BPSDM Kemendagri, Kalibata Raya, Jakarta Selatan, Ahad, 5 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Gubernur Ansar Ahmad, mengatakan, selambat-lambatnya di akhir tahun 2023 atau awal 2024 mendatang Bandar Udara (Bandara) Karimun, sudah bisa disinggahi oleh pesawat berbadan besar sekelas Boeing 737. 

Saat ini, lanjutnya, Bandara Karimun yang ada hanya bisa didarati oleh pesawat-pesawat kecil karena jalur run way-nya hanya sepanjang 1.600 meter. Sementara, untuk agar bisa disinggahi pesawat berbadan besar, minimal run way di Bandara Karimun panjangnya 2.000 meter. 

“Karimun ini kan bagian dari kawasan FTZ, termasuk Kundur. Ketersediaan bandara yang lebih representatif. Kita yakin akan mampu menambah daya dobrak perkembangan ekonomi di Karimun. Bahkan untuk tahun 2022 ini Pemprov Kepri sudah hibah Rp 10 miliar untuk pembebasan lahan perpanjangan bandara,” kata Ansar. 

BACA JUGA :  Sani Beri Bantuan dan Tinjau Pembangunan Bandara di Tambelan

Agar cita-cita Pemprov Kepri untuk menciptakan pemerataan ekonomi dan pembangunan infrastruktur di seluruh Kepri berjalan lancar, dalam momen halal bihalal dan silaturahmi ini Gubernur Ansar mengajak seluruh masyarakat memberikan support dengan doa terbaiknya. 

“Kita jaga terus silaturahmi seperti ini dalam rangka memperkokoh persaudaraan, hilangkan rasa sombong di hati. Mari kita bangun Kepri bersama-sama,” ujarnya. 

Saat ini,  lanjut Ansar, Pemprov Kepri juga sedang berupaya meminta ke Kementerian Perhubungan RI agar dibuka penerbangan maskapai Wings air (ATR 70) dengan jalur Jemaja – Tanjung Pinang – Karimun – Pekan Baru. 

Upaya Pemprov membuka jalur penerbangan ini adalah dalam upaya mengurai keterisoliran, agar akses masyarakat di tiga daerah di Kepri tersebut bisa lebih luas dan mudah. 

BACA JUGA :  Nurdin Pimpin Rakor "EVALUASI PELAKSANAAN APBD dan APBN"

“Infrastruktur, komunikasi, transportasi dan termasuk membuka jalur penerbangan baru seperti ini kita lakukan. Karena dengan demikian jalur-jalur perekonomian akan terbuka pula. Sesuai dengan semangat kita, yakni terwujudnya masyarakat Kepri yang makmur, berdaya saing dan berbudaya. Inilah tujuan akhir dari semua yang kita lakukan,” ujar Ansar. 

Tidak hanya di Karimun, Gubernur Ansar juga mengatakan, jika Pemprov Kepri juga sedang menggesa pembangunan di kabupaten dan kota lainnya, sesuai dengan porsi dan kapasitasnya.

Turut hadir pada kegiatan itu, Sekjen Kemendagri RI, Suhajar Diantoro, yang juga selaku pelindung, Kepala BKPSDM, Sugeng Hariono, Ketua PKK Kepri, Dewi Kumalasari, Bupati Karimun, Aunur Rafiq, dan Ketua K3J, Supriyadi, serta warga Karimun di Jakarta. (Red)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.