Scroll untuk baca artikel
BATAM

Gubernur Ansar Serahkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Untuk 3.196 Masyarakat di Sagulung dan Lubuk Baja Kota Batam

×

Gubernur Ansar Serahkan Bantuan Pangan Cadangan Beras Pemerintah Untuk 3.196 Masyarakat di Sagulung dan Lubuk Baja Kota Batam

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad dan undangan serta masyarakat Kota Batam penerima bantuan. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad bersama masyarakat Kota Batam penerima bantuan pangan cadangan beras. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, menyerahkan bantuan pangan cadangan beras kepada masyarakat Kota Batam. (Foto : Ist)

BATAM — Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, kembali menyerahkan bantuan pangan cadangan beras dari pemerintah untuk tahun 2023. 

Bantuan pangan cadangan beras kali ini ditujukan kepada 3.196 masyarakat Kota Batam, Selasa (10/10/2023).

Geser Untuk Lanjutkan Baca Berita
Geser Untuk Lanjutkan Baca Berita

Penyerahan bantuan dimulai dari Kelurahan Langkai, dilanjutkan ke Kelurahan Sei Pelunggut, keduanya berada di Kecamatan Sagulung, dan berakhir di Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, Kota Batam.

Bantuan ini diberikan kepada 96 kepala keluarga di Kelurahan Langkai, 100 kepala keluarga di Kelurahan Sei Pelunggut, Kecamatan Sagulung. Sedangkan di Kelurahan Tanjung Uma, Kecamatan Lubuk Baja, bantuan disalurkan kepada 3.000 kepala keluarga dalam dua tahap.

BACA JUGA :  Baru Pertama Kali Dilaksanakan, NPCI Kepri Gelar Rakerda di Batam

Pemberian bantuan ini merupakan bagian dari program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) di Kota Batam. Kota Batam memiliki sekitar 32.533 KPM yang masing-masing menerima 10 kg beras.

Penyerahan bantuan ini mencakup periode September, Oktober, dan November 2023. Di seluruh Provinsi Kepri, terdapat 70.384 KPM yang tersebar di 7 kabupaten/kota, dengan total penyaluran beras mencapai 2.111.520 kg.

Gubernur Ansar Ahmad dalam sambutannya, menyampaikan harapannya bahwa bantuan sosial dan pangan dari pemerintah dapat meringankan beban masyarakat serta memenuhi kebutuhan pokok mereka. Selain itu, ini juga bertujuan untuk mengendalikan stabilitas harga pangan di pasaran.

BACA JUGA :  Gubernur Ansar Serahkan Bantuan Rp 920 Juta Untuk Masjid Al Uswah Tanjung Pinang

“Kita juga terus mengajak masyarakat melakukan  diversifikasi pangan. Termasuk meminta  ibu-ibu  PKK dan Dekranasda,  untuk merekayasa hasil-hasil pertanian dalam bentuk panganan yang diminati masyarakat, sebagai bentuk-bentuk substitusi pangan,” ucap Gubernur Ansar.

Selain bantuan pangan, Gubernur Ansar juga menyebut beberapa hasil pembangunan yang telah dicapai oleh Pemerintah Provinsi Kepri. Ini termasuk keberadaan rumah singgah di Jakarta dan Kota Batam yang dimanfaatkan oleh warga Kepulauan Riau yang sedang menjalani pengobatan.

Selain itu, ada program bantuan modal usaha dengan bunga nol persen untuk pelaku UMKM, program beasiswa bagi siswa, dan bantuan transportasi untuk anak-anak sekolah dari daerah pedalaman.

“Termasuk program sertifikat bagi warga yang selama ini tinggal di pesisir laut, hingga bantuan asuransi bagi nelayan yang memiliki kapal di bawah 5 GT,” pungkas Ansar.

BACA JUGA :  2 Tersangka dari Tanjung Pinang 1 dari Batam Ditangkap Polisi

Penyaluran bantuan pangan pemerintah ini melibatkan berbagai pihak, termasuk Bulog untuk penyediaan beras, Kantor Pos untuk distribusi, serta Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau dan 7 kabupaten/kota untuk pemantauan dan pengawasan.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Ketua 1 DPRD Provinsi Kepri, Rizki Faisal, Anggota DPRD Provinsi Kepri, Asmin Patros, Kepala Kantor Pos Batam, Manajer Perum Bulog, Luluk Wahyu, Tim Percepatan Pembangunan, OPD Pemprov Kepri, dan masyarakat sebagai penerima bantuan. ***

(fik/mam)

Share and Enjoy !

Shares
Shares
DMCA.com Protection Status