Scroll untuk baca artikel
Example 325x300
HUKRIMPOLRITANJUNG PINANG

Gunakan Akun Facebook Ini, Pencuri di Tanjung Pinang Jual Hasil Curiannya dan Ditangkap Saat COD

×

Gunakan Akun Facebook Ini, Pencuri di Tanjung Pinang Jual Hasil Curiannya dan Ditangkap Saat COD

Sebarkan artikel ini
Kapolsek Tanjung Pinang Timur, AKP Adam Yulizar Sasono, dan Tim memperlihatkan rokok hasil curian oleh pelaku HR. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG – Seorang pria berinisi HR (26), diduga sebagai pelaku pencurian dengan cara membobol kios rokok milik korban yang terletak di Perumahan Bumi Air Raja, Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjung Pinang Timur, Kota Tanjung Pinang, berhasil ditangkap Unit Reskrim Polsek Tanjung Pinang Timur.

Kapolresta Tanjung Pinang, Kombes Pol Heribertus Ompusunggu, melalui Kapolsek Tanjung Pinang Timur, AKP Adam Yulizar Sasono, mengatakan, pelaku ditangkap saat hendak menjual rokok hasil curiannya dengan menggunakan media sosial Facebook pada Kamis tanggal 19 Januari 2023 sekira pukul 16.00 WIB.

Geser Untuk Lanjutkan Baca Berita
Geser Untuk Lanjutkan Baca Berita

“Pelaku ditangkap Tim Unit Reskrim Polsek Tanjung Pinang Timur, di batu 5 bawah, Jalan Rawasari, Tanjung Pinang,” kata AKP Adam Yulizar Sasono, Selasa, 24 Januari 2023.

BACA JUGA :  Tipu dan Gelapkan Uang Konsumen Hingga Ratusan Juta, Developer Cantik Ini Ditangkap

Kronologis kejadian berawal pada hari Minggu, 15 Januari 2023, dimana pelaku HR (26) melakukan aksinya di sebuah kios, yang terletak di Perumahan Bumi Air Raja, Kelurahan Pinang Kencana, Kecamatan Tanjung Pinang Timur, Kota Tanjung Pinang.

“Saat itu, pelaku membobol pintu belakang kios tersebut, sekira pukul 23.00 WIB. Sebelumnya, pelaku juga sempat memantau kondisi warung, apakah dihuni oleh pemiliknya atau tidak,” ungkap Kapolsek Adam.

Setelah berhasil masuk ke dalam kios, pelaku HR langsung mencuri ratusan rokok yang tersimpan di bawah meja, dan etalase. Kemudian pelaku membawa dan menyimpan rokok hasil curiannya, di sebuah rumah kosong.

BACA JUGA :  Warga Kaget, Seorang Pemuda Ditemukan Tewas Gantung Diri di Perumahan Bumi Air Raja Tanjung Pinang

“Besoknya, seorang warga melihat pintu belakang kios terbuka. Dan segera melaporkan ke RT setempat. Ternyata, pemilik kios sedang berada di kampung halamannya,” ujar Kapolsek Adam.

Atas kejadian tersebut, pemilik kios mengalami kerugian senilai Rp 7.390.200 dan melaporkan ke Polsek Tanjung Pinang Timur. 

Kronologis penangkapan pada hari Kamis tanggal 19 Januari 2023 sekira pukul 16.00 WIB, Tim Unit Reskrim Polsek Tanjung Pinang Timur yang dipimpin oleh Kanit Reskrim Polsek Tanjung Pinang Timur, IPDA Apriadi, mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa ada seseorang menggunakan akun facebook atas nama “Abu Sahir” akan menjual beberapa rokok melalui postingan media sosial Facebook. 

Diduga atau diperkirakan bahwa rokok tersebut adalah barang milik korban yang dicuri oleh si pelaku. Sehingga tim melakukan penawaran terhadap rokok tersebut dengan cara COD, dengan titik temu di batu 5 bawah, Jalan Rawasari, Tanjung Pinang.

BACA JUGA :  Kasus Rampok di Pelantar 2 Tanjung Pinang, Pasangan Suami Istri Berhasil Diringkus

Tidak lama kemudian, pelaku datang dengan membawa rokok tersebut, lalu pelaku langsung diamankan dan dilakukan introgasi/wawancara oleh tim Jatanras Polsek Tanjung Pinang Timur. 

Adapun hasil introgasi/wawancara tersebut, dimana pelaku mengakui perbuatannya telah melakukan pencurian di kios milik korban dan selanjutnya pelaku diamankan dan dibawa ke Polsek Tanjung Pinang Timur, untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut. 

“Adapun barang bukti yang diamankan 73 bungkus Rokok dan Pasal yang disangkakan Pasal 363 KUHP,” pungkas Kapolsek Adam. ***

(R Rich)