Gunakan Alat X-Ray, Semua Penumpang Diperiksa

oleh -83 views
Kapolsek KKP Polres Karimun, AKP M Komarudin Amd, berdiskusi dengan Mr Singh. (Foto : Taufik)

Gunakan Alat X-Ray, Semua Penumpang Diperiksa

SIJORIKEPRI.COM, KARIMUN — Pelabuhan Domestik dan Internasional Tanjung Balai Karimun mulai menerapkan sistim pemeriksaan menggunakan mesin X-Ray. Semua penumpang dan bawaan diperiksa.

Kepala Kepolisian Sektor Keamanan Kawasan Pelabuhan (Kapolsek KKP) Karimun, AKP M Komarudin Amd, mengatakan, sebenarnya telah lama pelabuhan domestik dan internasional Karimun menggunakan pemeriksaan mesin X-Ray. Namun, karena rusak terpaksa tidak berfungsi.

”Kini, mesin X-Ray ini telah diperbaiki. Perbaikan mendatangkan teknisi dari Singapura. Sekarang, mesin telah beroperasi lagi,” jelas Komarudin, Kamis, (16/1/2020).

Mesin X-Ray yang beroperasi, diperoleh dari bantuan Polisi negara Singapore, melalui kerjasama pengawasan bilateral pelabuhan. Bantuan yang diberikan berjumlah satu unit, yang ditempatkan di pintu keberangkatan Pelabuhan Internasional Tanjung Balai Karimun.

Komarudin menambahkan, tanpa ada alat X-Ray, petugas mengalami kesulitan melakukan pemeriksaan pada penumpang. Bahkan, jika ada bawaan barang terlarang, cenderung bisa lolos karena keminiman fungsi pemeriksaan.

”Kita bersyukur, kini alat X-Ray telah difungsikan lagi. Kita berharap, petugas maksimal melakukan pengawasan mau pun pemeriksaan di lapangan,” katanya.

Kehadiran alat ini, juga sebagai upaya mengurangi dan meminimalisir tindak kejahatan, seperti peredaran obat terlarang. Karena, alat ini akan mendeteksi jika ada barang yang mencurigakan dibawa oleh penumpang. (Wak Fik)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400