Gunakan Tiga Bahasa, Rahma : MTQ Kecamatan Tanjungpinang Timur Unik

oleh
Gunakan Tiga Bahasa, Rahma : MTQ Kecamatan Tanjungpinang Timur Unik 1
Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma, memukul beduk sebagai tanda dimulainya MTQ Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur. (Foto : Prokompim TPI)
Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Sijori Kepri, Tanjungpinang — Masyarakat menyambut meriah acara pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Tanjungpinang Timur tahun 2020 yang dilaksanakan selama tiga hari mulai tanggal 14 hingga 16 Februari 2020, di Halaman Masjid Nur Al Weini, Batu 7, Tanjungpinang. MTQ tersebut dibuka secara resmi yang ditandai dengan pemukulan beduk oleh Wakil Walikota Tanjungpinang, Hj. Rahma S.IP, Jumat, (14/2/2020).

Pelaksanaan MTQ tahun ini sangat unik karena dipandu dengan menggunakan 3 bahasa, yakni Bahasa Indonesia, Bahasa Arab dan Bahasa Isyarat.

Rahma dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Kecamatan Tanjungpinang Timur, yang telah sukses melaksanakan kegiatan MTQ ini.

“Untuk seluruh masyarakat, mari kita merefleksikan diri dengan cara berdzikir, dan bertafakur untuk membangun akhlak dan peradaban, serta dapat menjadikan Kota Tanjungpinang sebagai bandar madani, yang memiliki generasi berakhlak Qur’ani. Saya juga mengapresiasi bahwa pelaksanaan MTQ ini sangat unik, karena menggunakan 3 bahasa,” kata Rahma.

Lanjut Rahma, bahwa perlu dipahami bersama, Al Quran merupakan sumber pengetahuan kita yang mengandung nilai-nilai kehidupan yang baik, serta mempunyai posisi yang sangat vital untuk membangun mental spiritual, serta akhlak bangsa.

Rahma juga mengatakan, MTQ ini sebagai ajang prestasi generasi Qurani yang bergengsi dan perlu disebarluaskan kepada seluruh masyarakat.

“Al-Qur’an pedoman hidup bagi kita semua umat Islam, ajang MTQ ini merupakan ajang bergengsi untuk unjuk prestasi generasi Qurani, kita harap melalui MTQ ini dapat melahirkan qori dan qoriah yang berkualitas,” kata Rahma.

Camat Tanjungpinang Timur, Feri Andana S.STP M.Si, menyampaikan, pemahaman dan pengetahuan masyarakat tentang Al-Qur’an. Melalui MTQ ini agar dapat mempertebal kualitas keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.

“MTQ ini bertujuan untuk memperluas dan meningkatkan syi’ar Islam, serta membangun Ukhuwah Islamiyah dan mempererat silaturahmi,” jelasnya.

Feri juga menjelaskan, tema yang diangkat pada MTQ ke-14 Kecamatan Bukit Bestari ini yaitu “Jadikan MTQ sebagai Momentum untuk Membentuk Manusia yang Qurani dan Berakhlak Mulia”.

Ia juga menyampai cabang-cabang perlombaan pada MTQ terdiri dari Cabang Tartil, Tilawah anak-anak, remaja dan dewasa, serta cabang Hifzil 1 juz dan tilawah. Selain itu, juga dilaksanakan lomba-lomba pendukung lainnya seperti lomba kompang dan marawis.

“Peserta MTQ ini berjumlah 50 peserta yang merupakan utusan dari 5 Kelurahan di Kecamatan Tanjungpinang Timur, yang masing-masing Kelurahan mengirimkan 10 peserta lomba,” ungkap Feri.

MTQ Bukit Bestari ini diawali dengan defile kafilah dari 5 Kelurahan di lingkungan Kecamatan Tanjungpinang Timur. Dilakukan juga pelantikan Dewan Hakim MTQ oleh Camat Tanjungpinang Timur dan juga disejalankan dengan pelantikan pengurus Dewan Mesjid Indonesia (DMI) Kecamatan Tanjungpinang Timur oleh Wakil Ketua DMI Kota, Drs H. Mukmin Hamid.

Dalam pembukaan MTQ ini dihadiri juga Anggota DPRD Kota Tanjungpinang Dapil Tanjungpinang Timur, Asisten 1 dan 2, Kepala Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, Ketua LAM Kota Tanjungpinang, Kapolsek Tanjungpinang Timur dan masyarakat Tanjungpinang Timur yang antusias menyaksikan qori dan qoriah yang melantunkan ayat suci Al-Quran dari cabang tilawah golongan dewasa. (FD/R)

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner