, , ,

Hadirnya Virus Corona, Warga Bintan Diminta Tidak Panik dan Ketakutan

oleh -301 views
Kepala Dinas Kesehatan Bintan, Gama. (Foto : Pemkab Bintan)
height="100%"

Sijori Kepri, Bintan — Bupati Bintan, melalui Kepala Dinas Kesehatan Bintan, Gama, minta adanya wabah Virus Corona jangan membuat warga Bintan panik dan ketakutan. Warga diharapkan tetap hidup normal dan galakkan bersih lingkungan.

Atas nama Bupati Bintan, Gama menghimbau agar warga tidak panik, namun tetap waspada. Selain itu warga tetap tinggal di rumah dan mengurangi aktivitas di luar rumah. Menjaga anak-anak dan cucu, serta tinggal di rumah.

Bermain dan belajar di rumah selama masa sekolah diliburkan. Kecuali untuk urusan yang sangat penting, seperti bekerja, berbelanja kebutuhan pokok, serta pengurusan surat-surat penting lainnya.

”Diharapkan, agar semua masyarakat Bintan, senantiasa menjaga kesehatan kita, meningkatkan daya tahan tubuh kita, dengan mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat yang cukup (minimal tidur kita 7 jam sehari) dan olahraga teratur 15 sampai 30 menit setiap hari, serta menjaga kebersihan diri dengan rajin mencuci tangan, serta membersihkan lingkungan kita,” ujar Gama, Senin, (23/3/2020).

Apabila melakukan aktivitas fisik luar, katanya, diminta senantiasa mengikuti kaidah-kaidah kesehatan, dengan menghindari kerumunan, menjaga jarak dengan orang lain minimal 1 meter.

Tidak memberikan salam dengan kontak fisik secara langsung, seperti berjabat tangan ataupun berpelukan, dan bila perlu menggunakan alat pelindung diri, seperti masker untuk menghindari penularan Virus Corona.

Diharapkan senantiasa menjaga kebersihan tempat ibadah, menyediakan tempat cuci tangan dengan sabun, kemudian secara rutin membersihkan karpet-karpet Masjid dan untuk sementara agar menggulung karpet-karpet Masjid.

Tidak mengadakan kegiatan sosial kemasyarakatan yang sifatnya mengumpulkan orang banyak, baik di tempat umum, maupun di lingkungan sendiri, seperti pertemuan sosial budaya, pertemuan keagamaan, konser musik, olahraga, bazar, karnaval, seminar, pasar malam, maupun resepsi-resepsi keluarga.

”Dan khusus buat para pengelola kedai kopi, rumah makan, serta pengelolaan tempat-tempat umum yang lainnya diharapkan mengikuti kaidah kesehatan dengan menerapkan social distancing, yaitu dengan mengatur jarak duduk di kedai atau warung, minimal 1 meter antara satu dengan yang lainnya, guna mencegah penularan virus Corona,” katanya.

Bagi masyarakat yang baru kembali dari luar daerah yang terpapar Virus Corona maupun dari luar negeri, diwajibkan untuk melakukan observasi diri di rumah masing-masing selama 14 hari, dan tidak diperkenankan untuk keluar rumah.

”Diharapkan seluruh masyarakat Kabupaten Bintan dapat memaklumi dan melaksanakannya,” tutupnya. (Wak Tar)

Click to rate this post!
[Total: 2 Average: 5]
banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400