Hakim Tipikor Tanjungpinang Siap Hadapi Laporan ke KY

oleh

– Terkait Vonis Dua Tahun Faly Kartin.

TANJUNGPINANG (SK) — Tiga majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Tanjungpinang yang menyidangkan dan memvonis 2 tahun terhadap terdakwa Faly Kartini, debitur sekaligus terdakwa dugaan kasus korupsi perbankan di Batam, Senin (09/03) lalu, menyatakan kesiapannya untuk menghadapi laporan ke Komisi Yudisial (KY) yang akan dilakukan oleh tim Penasehat Hukum (PH) terdakwa, yakni Dr Eggi Sudjana SH MH dan Budi Nugrho SH.

Ketiga majelis hakim tersebut, yakni Parulian Lumbantoruan SH MH, selaku Ketua Majelis, didampingi Jhoni Gultom SH dan Patan Riadhi SH.

Laporan tersebut, karena PH terdakwa merasa vonis yang dijatuhi terhadap kliennya, dinilai tidak profesional, karena tetap membebankan kepada kliennya Faly Kartini sebagai orang yang bersalah melakukan tindak pidana korupsi atas ajuan kredit perbankan saat itu.

“Tidakan majelis hakim tersebut sangat bertentangan dengan norma hukum yang ada. Masak orang dihukum terhadap segala sesuatu yang belum terjadi,” ucap Eggi

Disamping segera mengajukan memori banding, Eggi juga menyatakan akan mengajukan eksaminasi terhadap majelis hakim, dengan melaporkannya ke Komisi Yudisial.

Menurut Eggi, dalam hukum pidana, seseorang baru bisa dikatakan bersalah melakukan jelas telah melakukan perbuatannya, melainkan bukan atas berpotensi sebagaimana yang disampaikan oleh majelis hakim tersebut.

“Apa lagi dalam perkara ini menyangkut tentang debitur yang mengajukan kredit pada perbankan, kemudian macet. Hal itu artinya, bukan suatu pelanggaran tindak pidana. Jika pun dikatakan pelanggaran, lagian masih ada jaminan berupa rumah yang terketak di atas sebidang tanah sesuai ajuan kredit yang diberikan klien kita pada pihak bank semasa itu,” ucap Eggi.

Menyikapi hal tersebut, Parulian Lumbantoruan SH MH, maupun dua hakim anggotanya, Jhoni Gultom SH dan Patan Riadhi SH, meyatakan siap mempertanggungjwabkan setiap keputusan vonis seseorang terdakwa yang telah diambil sebelumnya, termasuk menyangkut perkara dugaan kasus perbankan oleh terdakwa Faly Kartini tersebut.

“Prinsipnya apa yang telah kita putusan tersebut, telah sesuai fakta, didukung sejumlah bukti dan keterangan sejumlah saksi maupun terdakwa di persidangan. Artinya kita siap mempertanggungjawabkan semuanya,” ucap majelis hakim tersebut

Menyangkut tentang laporan ke KY oleh Eggi Sudjana, pengacara kondang nasional yang sering tampil di layar kaca televisi tersebut, Parulian Lumbantoruan meyakini, bahwa laporan ke KY itu tidak akan dilakukan.

“Saya sudah kenal lama dengan Eggi Sudjana. Dia itu teman baik saya. Dan orangnya memang seperti itu sejak dulunya,” ucap Parulian saat ditemui sejumlah wartawan kemaren. (SK-APN)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.