GESER UNTUK BACA BERITA
Example 325x300
HEADLINETANJUNG PINANG

Hanafi Ekra: Gurindam 12 Perlu Dimasukkan di Muatan Lokal di Sekolah-Sekolah

×

Hanafi Ekra: Gurindam 12 Perlu Dimasukkan di Muatan Lokal di Sekolah-Sekolah

Sebarkan artikel ini
Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kepri, Hanafi Ekra. (Foto : Ist)

TANJUNG PINANG — Anggota Komisi 4 DPRD Provinsi Kepri, Hanafi Ekra, mengakui pentingnya mengajarkan dan menggali nilai-nilai yang terkandung dalam Gurindam 12 di sekolah-sekolah.

Nilai-nilai tunjuk ajar yang terkandung di Gurindam 12 yang merupakan karya besar Raja Ali Haji sanget perlu, bahkan dianggap wajib untuk dimasukkan pada muatan lokal di sekolah-sekolah.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Menurut Ketua Fraksi PKS DPRD Provinsi Kepri ini, terdapat satu kata kunci penting dalam pasal 9, yaitu “Jika orang muda kuat berguru, dengan syaitan jadi berseteru”, dan pasal 10 yang berkaitan dengan keluarga. Menurutnya, keseluruhan pasal 1 hingga 12 mencakup berbagai aspek kehidupan secara universal.

BACA JUGA :  Hanafi Ekra Apresiasi Langkah Pemprov Kepri Perpanjang Kontrak Guru PTK Non ASN Se-Kepri

Namun, Hanafi menekankan bahwa Gurindam 12 tidak hanya sebatas lafaz dan hafalan, tetapi seharusnya membentuk karakter melalui proses, kebiasaan, dan contoh tauladan.

Dia juga mempertimbangkan pentingnya pembentukan kepemimpinan dengan mengadopsi konsep Raja Ali Haji, karena percaya bahwa pemuda hari ini adalah pemimpin masa depan.

Hanafi mengajak untuk menghidupkan kembali kehebatan masa lalu melalui contoh-contoh nyata dari pribadi-pribadi masa lalu yang memiliki karakter yang kuat, seperti yang terdapat dalam Gurindam 12. Dia mendorong pembentukan karakter melalui proses yang tidak instan, tetapi berkelanjutan.

BACA JUGA :  Syahrul Buka Turnamen IPBC Cup III

Meskipun anak-anak muda seringkali mengidolakan tokoh televisi, Hanafi optimis bahwa nilai-nilai agama, seperti Al-Quran dan Hadis, serta warisan budaya seperti karya-karya Raja Ali Haji, khususnya Gurindam 12, masih relevan dan dapat menjadi landasan pendidikan yang kuat.

Hanafi menegaskan pentingnya mengajarkan Gurindam 12 secara mendalam kepada generasi muda dengan menelaahnya pasal per pasal. Dia juga mengingatkan bahwa peran utama dalam mendidik anak-anak adalah tanggung jawab keluarga, terutama ibu, namun ia juga menyayangkan kurangnya kehadiran sosok ibu dan ayah dalam kehidupan anak-anak saat ini.

BACA JUGA :  Ini Caleg DPRD Tanjungpinang Terpilih

Dengan merujuk pada pasal 10, Hanafi menegaskan pentingnya memastikan bahwa anak-anak tidak lalai agar dapat menjadi kebanggaan bagi orang tua, menekankan betapa pentingnya nilai-nilai keluarga dalam membentuk perilaku dan karakter yang baik pada generasi muda. ***

(Advetorial DPRD Provinsi Kepri)