Hanya 10 Menit, Pembobol Mesin ATM Bank BNI di Batam Berhasil Bawa Kabur Uang Rp 400 Juta, Ini Modus Operandinya

oleh
Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, bersama Kasi Humas Polresta Barelang, AKP Tigor Sidabariba, dan dua pelaku pembobol Mesin ATM Bank BNI. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Batam — Tidak butuh waktu lama, hanya 10 menit 3 (tiga) pelaku Pembobol Mesin ATM Bank BNI yang terletak di Buana Plaza, Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, berinisial S, AN dan G, berhasil membawa kabur uang ATM Bank BNI dengan korban PT Swadharma Sarana Informatika (SSI) sebesar Rp 400 Juta.

Kejadian ini terungkap saat Kapolresta Barelang, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, menyampaikan keterangan pers Tindak Pidana Pencurian Dengan Pemberatan (Curat) Pembobol Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) BNI yang terletak di Buana Plaza, Tembesi, Kecamatan Sagulung, Kota Batam, dengan pelaku 2 (dua) orang pria berinisinial S dan AN, berhasil dibekuk Satreskrim Polresta Barelang bersama Unit Reskrim Polsek Sagulung, sementara 1 (satu) pelaku lainnya berinisial G masih buron.

Kapolresta Barelang, Kapolresta Barelang, Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, mengatakan, kedua pelaku berhasil diamankan pada hari Selasa tanggal 17 Mei 2022, setelah menerima laporan polisi pada tanggal 15 Mei 2022. Kemudian dalam waktu 2 (dua) hari, tim Satreskrim Polresta Barelang bersama Unit Reskrim Polsek Sagulung berhasil menangkap pelaku S di Jakarta, sedangkan pelaku AN berhasil ditangkap di Kota Batam.

Pada saat dilakukan penangkapan, pelaku AN melakukan perlawanan, kemudian dilakukan tindakan tegas dan terukur oleh Satreskrim Polresta Barelang.

“Modus yang dilakukan para pelaku, bahwa Curat pembobolan mesin ATM yang dilakukan oleh 3 (tiga) orang Pelaku, 2 (dua) sudah kita amankan, 1 DPO. Peran pelaku S sebagai otak dari pembobolan, kemudian peran pelaku AN berperan sebagai menggambar lokasi atau mengamati situasi, serta tempat yang akan dilakukan pencurian, dan DPO inisal G berperan sebagai Driver Mobil Rental yang digunakan untuk melakukan pencurian,” kata Kombes Pol Nugroho Tri Nuryanto, didampingi oleh Kasat Reskrim Polresta Barelang, Kompol Abdul Rahman, bersama Kasi Humas Polresta Barelang, AKP Tigor Sidabariba, Kapolsek Sagulung, IPTU Nyoman Ananta Mahendra, dan Kanit Reskrim Polsek Sagulung, IPDA Hasmir, di Lobby Mapolresta Barelang, Senin, 23 Mei 2022.

Kronologis kejadian pembobolan Mesin ATM ini diketahui pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022, sekira pukul 01.38 WIB oleh pihak korban PT Swadharma Sarana Informatika (SSI).

Dimana setelah pelaku mengamati lokasi mesin ATM yang akan dirampok, berdasarkan pengakuan pelaku, apabila keadaan aman dan sunyi, barulah ditetapkan lokasi tersebut.