Hendak Pekerjakan WNI Secara Ilegal, Warga Malaysia Ditangkap

oleh -68 views
Dua Warga Malaysia berinisial PR alias M, wanita, dan dan rekannya, Cheryl Tai Xur Li, wanita, ditangkap Subdit IV Ditreskrimum Polda Kepri, di Pelabuhan Batam Center, Kota Batam. (Foto : Humas Polda Kepri)

Hendak Pekerjakan WNI Secara Ilegal, Warga Malaysia Ditangkap

SIJORIKEPRI.COM, BATAM โ€” Dua Warga Malaysia berinisial PR alias M, wanita, dan dan rekannya, Cheryl Tai Xur Li, wanita, ditangkap Subdit IV Ditreskrimum Polda Kepri, di Pelabuhan Batam Center, Kota Batam, Rabu (22/1/2020).

Pelaku diduga hendak memperkerjakan dua Warga Negara Indonesia (WNI), Noviana dan Poibe, ke Malaysia, tanpa pengurusan dokumen penempatan kerja yang jelas. PR alias M, dan Cheryl Tai Xur Li, langsung ditangkap dan digelandang ke Mapolda Kepri.

PR akan ditetapkan sebagai tersangka dan Cheryl Tai Xur Li sebagai saksi. Tim juga berhasil mengamankan barang bukti berupa paspor, tiket dan boarding pass keberangkatan kapal dengan tujuan Batam – Situlang Laut, Malaysia.

Dirreskrimum Polda Kepri Kombes Pol Kombes Pol Arie Dharmanto, didampingi Kabid Humas Polda Kepri Kombes Pol Harry Goldenhardt S, menjelaskan, penangkapan bermula aparat menerima informasi dari masyarakat bahwa ada seorang warga negara Malaysia yang sedang memasang iklan di media sosial Facebook dengan judul Lowongan Kerja Batam, dan dapat bekerja sebagai pembantu rumah tangga di Malaysia, Rabu, (22/1/2020).

Menindaklanjuti hal tersebut dilakukan penyelidikan oleh Subdit IV Ditreskrimum Polda Kepri dan tim memperoleh informasi bahwa pelaku merupakan warga Malaysia.

Tim Subdit IV Ditrreskrimum Polda Kepri masih melakukan pemeriksaan dan penyelidikan untuk Pelaku dikenakan pasal 81 dan 83 Pasal 13 Undang-Undang RI Nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia dengan ancaman hukuman pidana penjara paling lama 10 Tahun atau denda paling banyak Rp. 15.000.000.000,00 (lima belas miliar rupiah). (WakRans/R)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]
banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400