,

HGN 2017, Hamid Rizal “BERI APRESIASI KEPADA GURU”

oleh
HGN 2017, Hamid Rizal “BERI APRESIASI KEPADA GURU” 1
Upacara Peringatan HGN 2017 di Kabupaten Natuna, ditandai dengan pelepasan balon oleh Bupati Natuna Hamid Rizal. (Foto : Bernard Simatupang)
Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]

SIJORIKEPRI.COM, NATUNA — Pemerintah dan masyarakat Indonesia memberi apresiasi sangat tinggi kepada para guru dan seluruh sumber daya insan yang memiliki andil langsung atau tidak langsung dalam pembangunan dibidang pendidikan dan kebudayaan.

Hal ini disampaikan Bupati Natuna, Drs. H. A. Hamid Rizal, M.Si, dalam sambutannya saat membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) RI, pada Upacara Puncak Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2017, di Halaman Kantor Bupati Natuna, Bukit Arai, Selasa, (28/11/2017).

“Apresiasi itu sangat wajar, karena guru mengabdikan diri sesuai dengan tugas dan tanggungjawab profesionalnya, tanpa mengenal ruang dan waktu demi masa depan anak bangsa untuk mencapai puncak peradaban pribadi, sosial, dan kedewasaan berbangsa dan bernegara,” kata Hamid Rizal.

Tidak hanya sebagai pengajar mata pelajaran, menurutnya, guru harus mampu berperan sebagai fasilitator, katalisator, dan garda terdepan bagi anak didiknya dalam menjaring berbagai pengaruh positif dan negatif yang berdampak bagi perkembangannya, serta pendidikan karakter yang diterapkan.

“Kepada seluruh guru tenaga pendidik dan seluruh pemangku kepentingan dalam bidang pendidikan, saya mengucapkan, Selamat Hari Guru Nasional Ke-23 Tahun 2017. Ucapan ini sebagai bentuk apresiasi pemerintah dan bangsa Indonesia atas kemuliaan profesi guru. Memuliakan guru, berarti memuliakan kita semua,” ucapnya.

Tema Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2017 ini adalah, “Membangun Pendidikan Karakter Melalui Karya Guru dan Tenaga Kependidikan”. Tema ini, sebut Hamid Rizal, menjadi salah satu program prioritas Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, sesuai nawacita bahwa pemerintah akan melakukan revolusi karakter bangsa yang mendapat porsi lebih besar dibanding pendidikan yang mengajarkan pengetahuan.

Diera globalisasi ini, tambahnya, tekhnologi berkembang sangat pesat, hendaknya literasi elektronik ini dapat dimanfaatkan sebagai pembelajaran yang lebih menyenangkan, lebih murah, indah dan aktual.

“Mudah-mudahan Hari Guru Nasional Tahun 2017 ini menjadi titik tonggak sejarah untuk pembentukan organisasi guru yang berasal dari, untuk, dan oleh guru. Bersatu untuk kebersamaan dan bersama untuk persatuan dari masing-masing organisasi guru, yang pada akhirnya membawa guru di Indonesia menjadi lebih professional,” lanjutnya.

Ditambahkannya lagi, guru adalah kunci utama memperluas keterjangkauan, meningkatkan kualitas/mutu dan relevansi, mewujutkan kesetaraan dan menjamin kepastian warga negara memperoleh layanan pendidikan melalui sistem persekolahan secara menyeluruh.

“Maka dari itu, mari kita jadikan Hari Guru Nasional ini sebagai semangat untuk terus membangun peradaban bangsa Indonesia sehingga menjadi bangsa yang berbudaya, cerdas, bermutu, dan berkarakter serta mampu bersaing dalam kancah pergaulan Internasional,” tutupnya.

Tampak hadir dalam acara tersebut, Wakil Bupati Natuna, Dra Hj Ngesti Yuni Suprapti MA, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, Marka.DJ, dan jajarannya, sejumlah pimpinan OPD dilingkungan Pemkab Natuna, para Kepala Sekolah dan para guru TK, SD, SMP dan Sekolah Lanjutan Atas se-Kabupaten Bunguran Besar. (SK-Nard)

 

banner 740x400

banner 740x400

banner 740x400

height="100%"

loading...
banner 740x400

banner

banner