Hotel Furia Nyaris Terbakar

oleh

TANJUNGPINANG (SK) — Hotel Furia, terletak di pusat kota, jalan Merdeka, Tanjungpinang, nyaris terbakar, setelah mensin disel listrik yang terdapat dilantai satu, bagian sudut kiri belakang hotel ini mengalami konsleting. Penyebabnya diduga sebagai dampak seringnya pemadaman listrik PLN yang terjadi akhir-akhir ini di Tanjungpinang, termasuk di kawasan ini, Jum’at (06/03/2015) sekitar pukul 11.40 WIB.

Kejadian tersebut untung cepat diatasi oleh sejumlah petugas hotel, dengan menyemprotkan tabung gas racun api yang sudah tersedia, pada bagian mesin jenset yang terbakar, sebelum akhirnya dua unit mobil pemadaman kebakaran milik Pemko Tanjungpiang tiba di lokasi kejadian, sebagai upaya antisipasi, terjadinya kebakaran lebih luas.

Dalam peristiwa tersebut, salah seorang tamu hotel, sempat terkurung didalam lift, dipertengahan lantai dua, saat hendak turun dari lantai tiga.

Akibat kejadian tersebut, pria sebagai tamu hotel itu sempat panik, dengan menggedor-gedor pintu lift minta pertolongan. Petugas hotel yang mengetahui, akhirnya bisa mengeluarkan tamu tersebut, setelah membuka paksa pintu lift menggunakan peralatan yang ada, kemudian berusaha membantu menarik tamu hotel itu untuk naik ke lantai tiga.

BACA JUGA  Biar Aja Discotique Planet Holiday Kebakaran “BIAR PENYUKA HIBURAN MALAM TOBAT”

“Kami berhasil membuka paksa pintu lift tersebut, dan mengeluarkan tamu hotel yang terkurung di dalamnya,” ucap salah seorang staf manajemen hotel yang enggan namanya disebutkan ini.

Menurut staf hotel tersebut, terjadinya konsleting dan terbakarnya aliran kabel pada mesin jenset berkapasitas 125 KVA itu, disebabkan seringnya terjadi pemadaman aliran listrik PLN di Tanjungpinang akhir-akhir ini, termasuk di kawasan tersebut secara mendadak, sejak pukul 11.00 WIB.

Kondisi ini juga diduga menyebabkan aliran listrik jenset milik hotel yang hidup maupun mati secera otomatis, pada saat adanya pemadaman aliran listrik milik PLN di kawasan ini.

“Mesin jenset ini bekerja secara otomatis pada saat adanya aliran listrik PLN mengalami pemadaman. Kebetulan akhir-akhir ini, pemadaman listrik PLN sering kali terjadi secara mendadak. Tekadang dalam sehari terjadi dua kali pemadaman,” ucap staf manejemen Hotel Furia ini.

Lebih lanjut diterangkan, bahwa kejadian tersebut baru diketahui setelah aliran listrik jenset milik hotel ini mengalami kerusakan secara tiba-tiba. Hal itu terjadi, setelah beberapa saat aliran listrik PLN di kawasan ini mengalami pemadaman.

BACA JUGA  Mobil Sedan Terbakar Saat Parkir

“Ketika kita cek, ternyata dalam gudang tempat jenset tersebut sudah mengeluarkan asap hitam yang diduga akibat adanya bagian kabel yang terbakar. Untung kondisi itu bisa cepat kita atasi segera melalui penyemprotan racun api yang sudah kita siapkan. Jika tidak, bisa jadi berakibat lebih parah lagi,” ungkap pria, salah seorang staf manajemen di hotel ini.

Pantauan di lapangan, informasi dugaan kebakaran di Hotel Furian tersebut, juga sempat mengejutkan beberapa warga di wilayah ini, dan langsung datang ke lokasi kejadian.

Dalam peristiwa tersebut, dua unit mobil pemadam kebakaran milik Pemko Tanjungpinang juga sempat diturunkan, namun tidak melakukan upaya pemadaman, karena kondisi sudah dapat diatasi oleh pihak hotel.

Sementara di gudang tempat keberadaan jenset tersebut, terlihat asap mengepul, dan berbau kabel yang terbakar, dan dipantau langsung oleh sejumlah petugas pemadam kebakaran dan pihak hotel.

Kepala Seksi Pemadam Kebaran Pemko Tanjungpinang, Agus Riawadi memastikan, kondisi percikan api pada jenset milik Hotel Furia itu sudah aman.

BACA JUGA  Dalam Semalam 3 Rumah di Anambas “HANGUS DI LALAP SI JAGO MERAH”

“Awalnya kita mendapatkan laporan dari pihak manajemen hotel untuk minta bantuan memadamkan api. Kebetulan pada saat kejadian berlangsung, sejumlah petugas tengah berada di kawasan Senggarang untuk memadamkan api, akibat kebakaran hutan. Namun sampai di hotel ini, ternyata apinya sudah bisa teratasi dengan cepat,” ucap Agus.(SK-APN)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.