Ikuti Pelatihan Dasar Bela Negara, Ini Pesan Danyon Marhanlan IV Kepada Mahasiswa Poltekes Tanjung Pinang

oleh
Mahasiswa Poltekes Tanjung Pinang diberikan Pelatihan Dasar Bela Negara oleh Yonmarhanlan IV Tanjung Pinang. (Foto : Ist)

Tanjung Pinang, Sijori Kepri — Mahasiswa Poltekes Kota Tanjung Pinang mengikuti pelatihan dasar bela Negara, jiwa korsa dan kedisiplinan yang disampaikan oleh Batalyon Marinir Pertahanan Pangkalan (Yonmarhanlan) IV Tanjung Pinang, di lapangan tembak Gurita Perkasa Yonmarhanlan IV, Jalan Ciku, Kelurahan Kampung Baru, Kecamatan Tanjung Pinang Barat, kota Tanjung Pinang, Kamis, 30 Juni 2022.

Pelatihan bela Negara, jiwa korsa dan kedisiplinan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membentuk mental, melatih moral, menanamkan disiplin dan jiwa korsa sebagai bekal dalam menjalani kegiatan kemahasiswaan, meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku Bela Negara sesuai Pancasila dan UUD 1945, sehingga terbentuk kader Mahasiswa yang selalu perperan aktif dalam pembangunan bangsa.

BACA JUGA :  Tahapan Pemilu 2024 Dimulai, Danyon Marhanlan IV Tanjung Pinang : TNI Netral

Mahasiswa akan berperan aktif dan juga sebagai kunci untuk membangun bangsa dimasa yang akan datang. Untuk itu penting bagi universitas dan lembaga pendidikan uantuk memberikan materi wawasan kebangsaan dan praktik kedisiplinan kepada mahasiswa agar selalu tertanam disiplin, jiwa korsa yang notabenenya adalah rasa kepedulian yang erat kepada sesame, dan cinta tanah air.

Tidak menutup kemungkinan, ketika Negara membutuhkan, mahasiswa akan di mobilisasi sebagai komponen cadangan dalam mempertahankan kedaulatan, menjaga keutuhan wilayah, dan melindungi keselamatan segenap bangsa Indonesia dari ancaman dan gangguan terhadap keutuhan Bangsa dan Negara baik dari dalam maupun luar negeri.

Danyon Marhanlan IV, Letkol Marinir Kemal Mahdar, sebagai penanggung jawab latihan menjelaskan, bahwa latihan dasar ini bertujuan membentuk mental, melatih moral, menanamkan disiplin dan jiwa korsa sebagai bekal dalam menjalani kegiatan kemahasiswaan.

BACA JUGA :  Rahma Beri Motivasi Siswa SDN 016 Tanjungpinang Timur

“Selain itu bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan wawasasan kebangsaan, sikap, dan perilaku Bela Negara sesuai Pancasila dan UUD 1945, sehingga harapannya akan terbentuk kader mahasiswa yang selalu perperan aktif dalam pembangunan bangsa,” kata Letkol Marinir Kemal Mahdar.

Letkol Marinir Kemal Mahdar juga berpesan kepada mahasiswa Poltekes Tanjung Pinang agar dapat mendukung program pemerintah, yaitu menjadikan RI sebagai Poros Maritim Dunia dengan 5 pilar, yaitu Membangun Budaya Maritim, Membangun Sumber Daya Maritim, Membangun Infrastruktur dan Konektifitas Maritim, Diplomasi Maritim serta Memperkuat Pertahanan Maritim.

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.