, , , , , , , ,

IRT di Tanjung Unggat Dinyatakan Sembuh Positif COVID-19

oleh
IRT di Tanjung Unggat Dinyatakan Sembuh Positif COVID-19 1
Plt. Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma S.IP. (Foto : Prokopim TPI)

Sijori Kepri, Tanjungpinang — Plt. Walikota Tanjungpinang, Hj Rahma S.IP, dalam rilis terbarunya, Minggu, (7/6/2020), menyampaikan perkembangan penambahan 1 (satu) kasus sembuh COVID-19 Kota Tanjungpinang, sehingga sampai saat ini total pasien Covid-19 Kota Tanjungpinang yang sudah dinyatakan sembuh berjumlah 21 orang.

“Adapun pasien yang sembuh pada hari ini dengan kasus terkonfirmasi No 27, sebagaimana hasil pemeriksaan PCR yang baru kami terima dari BTKL PP Batam, atas nama Ny. NU, perempuan, Ibu Rumah Tangga (IRT), umur 29 tahun, beralamat di jalan Sultan Machmud, Kelurahan Tanjung Unggat, Kecamatan Bukit Bestari. Terkonfirmasi ini tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah ataupun luar negeri,” kata Rahma.

Tanggal 18 Mei 2020 yang bersangkutan datang ke IGD RSUD Tanjungpinang dengan keluhan demam dan sedikit sesak. Oleh tim medis RSUD dikategorikan Orang Dalam Pemantauan (ODP). Pasien dilakukan pengambilan Swab pada tanggal 21 Mei 2020 dan PCR-nya keluar pada tangal 25 Mei 2020 dengan hasil positif.

Tim Gerak Cepat Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Tanjungpinang telah melakukan pelacakan pada seluruh kontak erat penderita, baik keluarga maupun rekan terkonfirmasi.

Hingga saat ini telah dilakukan pemeriksaan swab pada seluruh keluarga, dan hasilnya negatif, serta pemeriksaan rapid test lebih dari 100 sampel pada seluruh kontak sekunder, dan hasilnya seluruh pemeriksaan non reaktif.

Untuk mendalami riwayat yang bersangkutan, tim gerak cepat tetap terus melakukan pelacakan terhadap para kontak dalam rangka memutus rantai penularan. Riwayat hasil pemeriksaan Lab, pada Tanggal 25 Mei 2020 dengan hasil positif. Kemudian Tanggal 29 Mei 2020 negatif, dilanjut pemeriksaan Tanggal 6 Juni 2020 negatif dan Tanggal 6 Juni 2020 negatif.

Berdasarkan dua kali hasil pemeriksaan negatif labor PCR pasien dinyatakan “SEMBUH”. Meskipun sudah dinyatakan sembuh, namun pasien harus melakukan karantina mandiri di rumah selama 14 hari ke depan.

Memasuki era “New Normal” saat ini kepada seluruh masyarakat Kota Tanjungpinang, agar mengendalikan penyebaran Covid-19, seperti memakai masker bila di luar rumah, sesering mungkin cuci tangan memakai sabun, menjaga jarak antar orang, tidak menyentuh area muka kecuali dengan tangan yang bersih, tidak keluar rumah bagi yang demam, batuk ataupun sesak nafas.

Senantiasa mengkonsumsi makanan bergizi seimbang, beristirahat yang cukup, berolahraga teratur, sedangkan kelompok rentan khususnya penderita penyakit kronis, Lansia, ibu hamil dan balita tetap berada di rumah. Dan mewajibkan karantina mandiri 14 hari bagi warga luar daerah yang masuk ke wilayah Tanjungpinang.

“Semoga Allas SWT memberkati kita dan melindungi kita semua. Amiin Ya Robbal Alamin,” tutup Rahma. (FD/R)

Click to rate this post!
[Total: 1 Average: 5]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *