Jaga Kebersihan Meranti, DLH Berdayakan 348 Pasukan Kuning

oleh
Kasi Pengelolaan Kebersihan, DLH Meranti, Arifin Ahmad. (Foto : Azwin)
Camat Tebing Tinggi, Rayan Pribadi SH. (Foto : Azwin)

Sijori Kepri, Meranti — Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Pemkab Kepulauan Meranti, terus lakukan upaya pembersihan kota dengan menyiapkan 348 Pasukan Kuning menjaga kebersihan kota dengan mengunakan APD Antisipasi Covid 19, karena petugas DLH adalah garda terdepan tentang Kebersihan Kota Sagu.

“348 pasukan kuning tersebar di Seluruh Wilayah di Kabupaten Meranti. Setiap hari kita berikan arahan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan membersih kota. Bukan hanya karena Covid-19, namun setiap hari mereka telah dijadwalkan membersihkan kota dengan alat memadai, serta armada yang ada saat ini,” ujar Kepala DLH Meranti, Irmansyah, melalui Kasi Pengelolaan Kebersihan, Arifin Ahmad, Selasa, (14/4/2020).

Saat ini langkah demi langkah telah kita lakukan demi keindahan kota Selatpanjang yang kita cintai bersama.

“Kita sudah siapkan Amrul, yaitu Mobil Cangkuk itu dan Bajai Kaisar dari Bank Riau, serta ada 348 pasukan tersebar di seluruh Meranti dengan alat yang lengkap, serta di lengkapi alat masker APD, juga mesin babat, sapu garuk sudah disiapkan lalu, digunakan, dari star Selatpanjang Kecamatan Tebing Tinggi hingga Alai Tebing Tinggi Barat untuk membersihkan,” jelasnya.

Dengan alat yang lengkap kita berlakukan ada 4 sip, yakni pagi, siang dan bilas siang hari dan malam harinya, tentu Meranti menjadi bersih yang kita lihat saat ini.

“Mengenai, tempat pembuangan sampah (TPS) kita sementara ini di Jalan Rumbia dan Nantinya di bawa di Tempat Pembuangan di Desa Gogok, namun Inyak Allah TPS Desa Sesap pada Tahun 2022 baru dipindahkan nunggu aksesnya, kalau siaplah, ada sebanyak 20 sampai 30 ton sehari. Kalau ada acara lebih sampahnya, kalau di Rumah Sakit sudah dipilah-pilah sampah, tak berbahaya kita angkut petugas kita non medis ada sampah medis, seperti sampul tangan medis, jarum suntik dan lainnya pihak ketiga izin kementerian yang membasminya,” jelasnya.

Sementara itu, Camat Tebing Tinggi, Rayan Pribadi SH juga menyampaikan kepada media, bahwa Kecamatan Tebing Tinggi sudah berbuat banyak dalam hal kebersihan.

“Ia melakukan masyarakat peduli sampah melalui Lurah dan Desa dengan tetap menjaga jarak sebagian orang membersihkan sampah yang ada di kota kita, dan kita kemaren sudah menggelar Crapiday namun saat ini masih terfokus Covid-19. Akan tetapi rutinitas kebersihan tetap kita imbau tetap jaga,” urai Rayan Pribadi.

Selain itu, Rayan juga mengajak masyarakat Tebing Tinggi agar menjaga pola hidup sehat, dengan makan makanan bergizi, menjaga Kebersihan limbah rumah tangga masing-masing, tetap menggunakan masker saat ini, rajin mencuci tangan pakai sabun, serta budayakan hidup sehat.

“Kita menyadari bukan hanya karena virus saja kita menjaga kebersihan, namun kita harus terapkan dengan tetap mencuci tangan, kita selalulah menjaga kesehatan diri kita pribadi, dengan membuang air besar sesuai tempatnya, terus menjaga kesehatan diri pribadi. Diharapkan kepada masyarakat agar terhindar dari berbagai penyakit, itu kita harapkan,” tutupnya. (Win)