Jalankan Perintah Kasal, Prajurit Yonif 10 Marinir Laksanakan Troldik Tertutup di Desa Monggak Batam

oleh
Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir SBY melaksanakan patroli penyelidikan (Troldik) tertutup di Desa Monggak, Rempang Cate, Batam. (Foto : Ist)

Batam, Sijori Kepri — Prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir/SBY melaksanakan patroli penyelidikan (Troldik) tertutup di Desa Monggak, Rempang Cate, Batam, Rabu, 6 Juli 2022.

Patroli penyelidikan (Troldik) yang dilaksanakan Prajurit Batalyon Infanteri 10 Marinir/SBY untuk menjalankan atau menindaklanjuti perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL), Laksamana TNI Yudo Margono, tentang bangun sumber daya manusia yang unggul dan professional, serta tangguh dalam menghadapi ancaman.

Kegiatan ini merupakan lanjutan LPD TW II, bertujuan untuk menyegarkan kembali pengetahun teknik dan taktik dalam melaksanakan patroli penyelidik baik secara terbuka maupun tertutup.

Patroli tertutup yang dilaksanakan prajurit Petarung Cheeetah Malaka ini bertujuan untuk melatih setiap prajurit yang mempunyai intelijen yang lebih matang, yang dapat mengumpulkan berbagai informasi tentang kegiatan musuh, sehingga dapat dilaporkan kepada satuan atas untuk ditindaklanjuti.

BACA JUGA :  Panglima TNI : 53 Prajurit KRI Nanggala 402 Gugur

Teknik pengintaian sasaran dapat dilakukan dengan berbagai tehnik, dimana prajurit harus dapat menguasai situasi keadaan di lingkungan musuh dengan berbagai Cover status prajurit, sehingga para musuh tidak mencurigai, serta dapat mengumpulkan data yang sebanyak banyaknya.

Patroli sektor berfungsi untuk mengecek sektor-sektor pertahanan yang dimiliki musuh, serta pembuatan laporan patroli agar Prajurit mengetahui tugas masing-masing sebagai pasukan tempur yang siap ditugaskan kemanapun dan kapanpun .

Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) 10 Marinir/SBY, Letkol Mar Briand Prang, mengatakan, bahwa kegiatan tersebut penting, yang bertujuan untuk melatih kemampuan personel, sehingga para Prajurit Petarung Cheetah Malaka diharapkan selalu siap dan mampu melaksanakan tugas yang diberikan oleh Komando atas dan juga sebagai bekal kepada prajurit untuk melaksanakan tugas di masa mendatang.

BACA JUGA :  Ini Perkembangan Kasus Corona di Provinsi Kepri, Rabu, 22 April 2020

Komandan Batalyon Juga menyampaikan, tanpa latihan yang sungguh sungguh, keberhasilan suatu penugasan tidak akan mendapatkan hasil yang maksimal.

“Pelajari dan pahami taktik-taktik yang telah dipelajari, agar tugas-tugas yang diemban dengan mudah dilalui. Dan tetap perhatikan faktor keselamatan perorangan maupun material,” tegas Danyonif 10 Marinir.

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.