,

Jokowi Izinkan Pembukaan Seluruh Entry Point Wisman di Kepri

oleh
Surat Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, kepada Presiden Jokowi tentang penyampaian permohonan usulan dalam rangka optimalisasi kunjungan Wisman di Kepulauan Riau. (Foto : Ist)

Sijori Kepri, Tanjung Pinang — Tidak memerlukan waktu yang lama, Presiden RI, Joko Widodo (Presiden Jokowi) langsung merespon surat dari Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, tentang Penyampaian Permohonan Usulan Dalam Rangka Optimalisasi Kunjungan Wisman/PPLN Khusus di Kepulauan Riau (Kepri). 

Presiden Jokowi melalui Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, secara lisan telah mengizinkan untuk membuka pintu-pintu masuk (Entry Point) Wisman di seluruh wilayah Kepulauan Riau. 

Hal tersebut disampaikan Menteri Budi Karya Sumadi kepada Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, melalui sambungan telepon, pada Senin, (21/03/2022). Dan kebijakan lisan tersebut akan segera ditindaklanjuti melalui Surat Edaran (SE). 

“Secara lisan, pak Menteri mengizinkan kita membuka seluruh pelabuhan internasional di seluruh Kepri untuk Wisman. Dan ini tentu saja menjadi angin segar bagi dunia pariwisata kita. Memang sebelumnya kita sudah menyurati Presiden terkait ini, agar kita bisa membuka seluruh pelabuhan internasional yang ada,” ungkap Gubernur Ansar. 

BACA JUGA :  Ikuti Porwanas Jatim 2022, Nasib Kontingen SIWO PWI Kepri di Tangan Gubernur Ansar

Adapun salah satu poin di dalam surat Gubernur Ansar kepada Presiden Jokowi tersebut adalah permohonan untuk memperluas wilayah pemberlakuan PPLN khusus selain di Batam dan Bintan, dengan menimbang penerapan travel bubble di kedua wilayah tersebut, karena realisasi kunjungan wismannya masih sangat kecil. 

“Persetujuan secara lisan ini akan segera ditindaklanjuti dengan surat edaran oleh Pemerintah pusat. Bagaimanapun juga, untuk mengoptimalkan kunjungan Wisman di Kepri, kita akan terus melakukan upaya-upaya yang memang perlu kita lakukan,” ujar Ansar. 

Dalam suratnya, Gubernur Ansar melaporkan realisasi angka kunjungan Wisman/PPLN Khusus di Batam dan Bintan pada periode 23 Februari 2022 sampai 12 Maret 2022. Untuk kawasan Lagoi di Bintan hanya sebanyak 171 Wisman dan untuk kawasan Nongsa di Batam sebanyak 127 Wisman. 

BACA JUGA :  Natuna Expo Ditutup, Bupati Janji Wujudkan Pembangunan Lebih Baik dan Merata

Menyangkut kebijakan lisan dari Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, terkait pembukaan entry poin bagi Wisman di Kepri tersebut, Gubernur Ansar memberi apresiasi dan berterimakasih kepada pemerintah pusat yang selalu mendukung penuh agar percepatan pemulihan ekonomi di Kepri melalui sektor pariwisata dapat digesa. 

“Perlu kita syukuri tentunya, karena dengan kebijakan ini percepatan pemulihan sektor pariwisata kita akan dapat segera digesa. Jadi tidak hanya terpusat di Batam dan Bintan saja. Namun seluruh wilayah Kepri dapat merasakan pertumbuhan kembali ekonomi melalui sektor pariwisata yang memang menjadi andalan kita,” pungkas Ansar. (Red)

Shares

No More Posts Available.

No more pages to load.