Kadinkes Lingga Tegaskan Penyebaran HIV AIDS Tidak Melalui Kolam

oleh

LINGGA (SK) — Adanya isu yang berkembang di masyarakat saat ini terkait objek wisata pemandian air panas tentang penyebaran virus Human Immunodeficiency Virus/Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS). Bahkan dari isu tersebut objek wisata pemandian air panas tersebut telah di Police Line (dipasang garis polisi-Red) memang telah membuat masyarakat resah dan enggan untuk mengunjungi objek wisata yang masuk dalam kawasan Desa Berindat, Kecamatan Singkep Pesisir tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lingga, dr Ignasius Luti MPH, secara tegas mengatakan, setelah adanya isu yang berkembang di masyarakat saat ini tentang penyebaran virus HIV/AIDS di tempat wisata kolam pemandian air panas.

“Perlu saya tegaskan bahwa sejak adanya isu tersebut kami dari Dinkes Lingga bersama Sri Dewi, Kepala Seksi Penyehatan Lingkungan Dinkes Lingga, telah melakukan peninjauan secara langsung ke lokasi tersebut dan ternyata kami tidak menemukan adanya larangan atau pemasangan police line di kolam air panas itu,” ujar Luti, kepada awak media, Selasa (28/4/2015) melalui pesan singkatnya.

BACA JUGA  Banyak Wanita Yang Belum Sadar “BAHAYA KANKER SERVIKS”

Luti, juga mengatakan, secara teori ilmu kedokteran virus HIV/AIDS tidak ditularkan melalui berenang atau berendam di air panas, penularan HIV/AIDS dapat terjadi melalui berbagai hal, seperti, hubungan sexual, transfusi darah yang mengandung virus HIV/AIDS, serta pemakaian jarum suntik yang terkontaminasi virus HIV/AIDS, bukan melalui dengan cara berenang di kolam renang.

“Dalam peninjauan kami kondisi air di dalam kolam air panas itu cukup bersih dan kami mendapat info dari pengelola, bahwa air tersebut di kuras dalam waktu dua hari sekali, saya rasa yang dilakukan oleh pihak pengelola sangat baik untuk pengelolaan sebuah kolam pemandian,” Lanjut Luti.

Ditegaskan kembali, isu yang mengatakan kalau penyebaran virus HIV/AIDS melalui kolam pemandian air panas hanyalah isu belaka.

“Masyarakat diharapkan tidak termakan dan ditakutkan dengan isu tersebut,” imbuhnya. (SK-Pus)

Sijori Kepri Perwakilan Lingga
Sijori Kepri Perwakilan Lingga – Pemasangan Iklan dan Galeri Photo
Hubungi : Puspandito No HP : 081261319024

 

No More Posts Available.

No more pages to load.