Kakanwil Kemenag Bersama BMKG Akan Gelar Rukyat Hilal

oleh

TANJUNGPINANG (SK) — Kepala Kantor wilayah (Kakanwil) Kementrian Agama (Kemenag) Kepri H Marwin Jamal bersama Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang akan mulai menggelar rukyat hilal pada 16 Juni mendatang menjelang Bulan Puasa.

Setelah menggelar rukyat hilal, dipastikan seluruh umat muslim jadi tahu, kapan tanggal pastinya puasa Ramadan dijalankan.

“Insyallah, rukyat hilal akan di lakukan lebih cepat, yakni (16/6/2015),” kata Marwin, Rabu (27/5/2015).

Marwin menjelaskan biasanya, para petugas yang tergabung bersama tim BMKG akan melihat titik hilal di kawasan Sei Enam, Tepi Laut Tanjungpinang seperti yang dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya.

Namun menurutnya, pada 16 Juni nanti. Dipastikan para petugas tidak bisa melihat titik hilal yang cukup jelas. Hal ini karena faktor terbitnya bulan lebih dulu dari pada matahari.

“Karena biasanya terbitnya bulan lebih dulu dari pada matahari. Kemungkinan juga ada masalah faktor cuaca yang tidak mendukung, seperti saat ini tapi mudah-mudahan kita bisa lakukan seperti yang sudah kita lakukan pada tahun sebelumnya” katanya.

BACA JUGA  Masyarakat Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi Dampak Siklon Tropis Choi Wan

Di samping itu juga, Ia (Marwin-red) menghimbau kepada para mubaligh yang bertugas untuk seluruh mesjid dan mushola. Agar mematuhi aturan dan melayani jemaah dengan baik. (SK-YUL)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.