BATAMPEMKO BATAM

Kampanyekan ‘Gemarikan’ di Kota Batam, Marlin Rudi Ingin Generasi Penerus Tumbuh Sehat dan Cerdas

×

Kampanyekan ‘Gemarikan’ di Kota Batam, Marlin Rudi Ingin Generasi Penerus Tumbuh Sehat dan Cerdas

Sebarkan artikel ini
Wakil Gubernur Kepri sekaligus Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, aktif menggencarkan Gemarikan di Kota Batam. (Foto : Ist)

BATAM — Wakil Gubernur Kepri sekaligus Ketua TP PKK Kota Batam, Marlin Agustina Rudi, aktif menggencarkan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di Kota Batam. Kampanye ini bertujuan untuk meningkatkan kesehatan dan kecerdasan generasi penerus bangsa.

“Mari gencarkan gemar makan ikan demi kesehatan dan kecerdasan generasi penerus bangsa,” ujar Marlin pada Rabu (12/6/2024).

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

Untuk menggerakkan program tersebut, berbagai sosialisasi langsung kepada masyarakat telah dilakukan. Marlin menekankan pentingnya konsumsi ikan karena kandungan nutrisinya yang bermanfaat.

Kegiatan Gemarikan ini dilaksanakan secara berjenjang, mulai dari tingkat kota, provinsi, hingga nasional. Marlin berharap kegiatan ini juga bisa membantu menuntaskan dan mencegah stunting pada anak-anak di Kota Batam.

“Ikan merupakan makanan yang rendah kalori serta memiliki kandungan protein dan omega-3 yang tinggi, sehingga ikan menjadi makanan yang sangat baik untuk dikonsumsi setiap hari,” kata Marlin.

Di Kepri, ikan segar sangat mudah didapatkan, menjadikannya pilihan tepat sebagai menu harian keluarga.

“Beberapa manfaat mengonsumsi ikan, antara lain meningkatkan kecerdasan otak pada anak. Otak adalah salah satu organ yang membutuhkan banyak nutrisi, terutama bagi anak-anak yang sedang dalam fase pertumbuhan. Dengan mengonsumsi ikan setiap hari, dapat membantu meningkatkan kecerdasan pada anak serta meningkatkan daya ingat dan konsentrasi. Ikan kaya akan sumber asam lemak omega-3, protein, dan nutrisi lainnya yang berperan dalam pertumbuhan dan perkembangan fungsi otak agar lebih maksimal,” jelas Marlin.

Selain itu, mengonsumsi ikan juga dapat mencegah demensia atau sindrom penurunan fungsi otak seperti ingatan berkurang, menurunnya kemampuan berpikir, dan menurunnya kecerdasan otak.

“Mengkonsumsi ikan yang kaya akan nutrisi secara teratur dapat membantu mencegah demensia, memperbaiki mood, dan mencegah depresi,” ujarnya.

Konsumsi ikan juga diklaim dapat membantu mengatasi penyakit kanker. Dengan rutin mengonsumsi ikan segar, dapat membantu menghalangi pertumbuhan sel-sel kanker seperti kanker prostat, kanker payudara, kanker ovarium, kanker kulit, dan kanker yang menyerang bagian pencernaan, karena kandungan asam lemak omega-3 yang tinggi pada ikan.

Selain itu, mengonsumsi ikan juga dapat menyehatkan jantung. Manfaat omega-3 untuk kesehatan jantung yang banyak terdapat dalam ikan dapat membantu mencegah terjadinya pembekuan darah dalam dinding arteri yang bisa menyebabkan serangan jantung, sehingga dengan rutin mengonsumsi ikan, jantung menjadi lebih sehat.

Ikan juga memiliki manfaat untuk menyehatkan persendian, mata, kesehatan janin pada ibu hamil, kulit, serta membantu menurunkan berat badan.

“Minyak ikan dapat membantu mengurangi penumpukan lemak dalam tubuh, sehingga sangat baik jika dipadukan untuk menu diet,” ujarnya.

Yang terpenting, dengan mengonsumsi ikan, juga dapat menjaga imun tubuh. Kandungan protein yang tinggi dalam ikan segar dapat membantu menjaga kekebalan tubuh sehingga tidak mudah terserang penyakit.

“Jadi, dengan mengonsumsi ikan, badan bisa sehat dan cerdas. Mari gemar makan ikan,” pungkas Marlin. ***

(Darsih)

Follow