Kandidat Calon Bupati Lingga Diduga Tersangkut Kasus Korupsi

oleh

LINGGA (SK) — Dugaan korupsi terhadap pengadaan baju di Dinas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Kepri, yang ditangani oleh Polres Tanjungpinang melibatkan salah satu kandidat yang mendaftar ke KPUD Lingga sebagai calon Bupati Lingga, dugaan korupsi ke salah satu kandidat tersebut dikarenakan yang bersangkutan saat itu menjabat sebagai Kepala Dinas Satpol PP Provinsi Kepri.

Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPUD, Kabupaten Lingga, Irham, menyampaikan, kita akan bersikap sesuai dengan aturan yang berlaku, jika ada putusan yang mengikat oleh pengadilan.

“Salah satu persyaratan untuk lolos saat pendaftaran awal adalah surat kelakuan baik atau SKCK, bila nanti dalam SKCK tersebut disebutkan yang bersangkutan sedang menjalani proses hukum, maka dapat kita pertimbangkan apakah akan di loloskan atau tidak,” ucap Irham, kepada wartawan, Jumat (31/07/2015).

Irham, menjelaskan, walaupun calon tersebut saat ini sedang di periksa oleh pihak yang berwajib, tetapi selama pemeriksaan itu yang bersangkutan hanya sebagai saksi, tentunya tidak akan menganggu pecalonannya sebagai calon Bupati Lingga, hal ini dikarenakan proses hukum di Indonesia menganut hukum praduga tidak bersalah.

BACA JUGA  Cegah Korupsi Sejak Dini, Disdik Kepri Sosialisasi dan Deklarasi Implementasi Pendidikan Anti Korupsi

“Jadi bila belum ada kekuatan hukum yang mengikat, kita tidak mungkin membatalkan pencalonanya,” terangnya.

Ditambahkan, jika pada Pilkada nanti nanti calon tersebut terpilih sebagai Bupati Lingga, dan pada saat bersamaan sang calon dinyatakan bersalah dan menjadi tersangka, maka sesuai dengan ketentuan yang berlaku, sang calon akan ditunda pelantikannya, sampai ada putusan tetap dari pengadilan.

“Jika nanti terpilih dan kasusnya terbukti bersalah, maka untuk pelantikannya akan ditunda menunggu sampai ada keputusan mengikat dari pengadilan tinggi,” paparnya. (SK-Pus)

LIPUTAN LINGGA : PUSPANDITO
EDITOR : DEDI YANTO

Irham, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Lingga (Photo : Puspandito)
Irham, Ketua Divisi Hukum dan Pengawasan KPU Lingga
(Photo : Puspandito)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.