Kapal Bawa Material Bangunan Tenggelam, 3 Selamat, 1 Hilang

oleh
Tim SAR Gabungan tengah melakukan pencarian korban kapal tenggelam di perairan Tanjung Uncang, Kota Batam. (Foto : SAR TPI)

Sijori Kepri, Batam — Kapal tanpa nama, tenggelam di Perairan Pulau Gara, Tanjung Uncang, Kota Batam, Rabu, (19/2/2020), sekira pukul 07.15 WIB. Kapal diawaki 4 orang ini, tengah membawa material bahan bangunan pasir yang akan digunakan untuk pembangunan Pondok Pesantren di Pulau Gara.

Akibat insiden ini, satu Anak Buah Kapal (ABK) dinyatakan hilang dan tiga lainnya terjun ke laut dan berhasil selamat. Tim gabungan SAR masih melakukan upaya pencarian terhadap korban yang hilang.

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu’min, melalui Kasi Operasi dan Siaga Eko Suprianto, mengatakan, korban yang hilang bernama Yanto (30). Sedang tiga yang selamat adalah Samsudin (40) bertindak sebagai Nahkoda, dan Juli (30) dan Nuar (20).

Kronologis kejadian berawal kapal diawaki 4 (empat) orang berlayar menggunakan Kapal dari Perairan Pandan Bahari – Pulau Gara dengan membawa material bahan bangunan pasir yang akan digunakan untuk pembangunan Pondok Pesantren di Pulau Gara.

Memasuki Perairan Pandan Bahari, Kapal Sangkut Karang, sehingga Kapal tersebut tenggelam. 3 (tiga) berhasil menyelamatkan diri dengan berenang dan 1 (satu) orang tenggelam, hilang dan belum ditemukan.

”Penyeab tenggelam karena di hempas ombak dari arah belakang mesin/buritan, sehingga kapal tenggelam. Nahkoda beserta 2 orang ABK berenang menyelamatkan diri menuju Kelong terdekat. Satu ABK tenggelam dan belum ditemukan. Sampai saat ini masih dilakukan pencarian,” terang Mu’min. (Wak Rans/R)

Click to rate this post!
[Total: 2 Average: 4.5]