, , ,

Kapal KM Lintas Laut 3 Tenggelam, Empat Hilang, Tiga Selamat

oleh
Tim SAR tengah melakukan evakuasi korban kecelakaan Kapal KM Lintas Laut 3, yang tenggelam di Perairan Pulau Mapur, Kabupaten Bintan. (Foto : SAR TPI)

Sijori Kepri, Bintan — Kapal bermuatan bubu penangkap Kepiting, KM Lintas Laut 3, tenggelam di Perairan Pulau Mapur, Kabupaten Bintan, Rabu (11/3/2020) sekira pukul 13.00 WIB. Tiga Anak Buah Kapal (ABK) dan seorang Nahkoda, dinyatakan hilang. Mereka adalah Nahkoda, Junaidi (30), ABK Avis (25), ABK Miran (24) dan ABK Hamdan (35).

Sementara, tiga ABK lainnya, berhail diselamatkan, yakni Isak Doli (30), Jafersus Wetang (26) dan Danil (35).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu’Min, melalui Kasi Operasi dan Siaga, Eko Suprianto, mengatakan, tim SAR gabungan tengah melakukan pencarian terhadap bangkai kapal dan empat korban yang hilang.

SAR belum bisa memastikan, apakah empat korban yang hilang ini, telah tewas atau belum. Karena, tim SAR gabungan tengah melakukan upaya pencarian. Fokus pencarian adalah lokasi kejadian dan lokasi sekitarnya.

Insiden berawal kapal belayar dari Jembatan 2 Barelang, Batam menuju Perairan Pulau Mapur, Bintan.

”Ketika melintasi Perairan Utara Pulau Bintan, kapal hilang kontak atau Lost Contact. SAR menerima informasi dari MPA Singapure dan Ibu Rini, Agen Kapal,” ujar Eko Suprianto.

Dalam upaya penyelamatan, Tim SAR Gabungan dibantu MPA Singapure, menurunkan Kapal RB 209, KN SAR Purworejo 101, 1 (satu) Sett Alat Selam dan Palkom. Fokus penyelamatan adalah awak kapal. Akhirnya, dari tujuh awak kapal, empat dinyatakan hilang dan tiga selamat. Saat kejadian, cuaca cerah berawan. Gelombang dalam batas kewajaran, 0.3- 0.8 Meter. (R Rich)

Click to rate this post!
[Total: 2 Average: 5]