Kapal Polisi Bisma 8001 Tangkap KIA

oleh

ANAMBAS (SK) — Kapal Polisi Bisma 8001 DitPolair Baharkam Mabes Polri, berhasil menangkap dua Kapal Ikan Asing (KIA), masing-masing beratnya 60 ton, ditangkap saat melakukan aktivitas penangkapan ikan diperairan laut Anambas sekitar 60 Mil dari pantai sebelah Utara Tarempa, Sabtu (15/8/2015) pukul 12.00 WIB.

Komandan KP Bisma-8001 Ditpolair Baharkam Mabes Polri AKBP Sigit Nur Hidayat mengatakan, pada saat Kapal Polisi melakukan operasi diperairan laut Natuna dan Anambas, ada informasi yang kami terima dari nelayan bahwa mereka melihat ada kapal asing tentu yang tidak sesuai dengan kapal seperti kapal-kapal lokal atau kapal-kapal tradisional yang ada diIndonesia.

“Setelah mendapatkan laporan dari masyarakat langsung kami tindak lanjuti, kami dapati KIA tersebut berada diposisi lintang 05′(derajat) lintang Utara, bujurnya sekitar 105′ (derajat), kita temukan disitu ada dua kapal ikan asing dari negara Vietnam sedang melakukan penangkapan ikan dengan menggunakan jaring Pursesein,” jelasnya, saat ditemui oleh Harian Sijori Kepri di Pelabuhan Perikanan Desa Antang Kota Tarempa Timur, Rabu, (19/8/2015).

BACA JUGA  Ini Surat Telegram Kapolri No : ST/750/IV/HUM.3.4.5./2021 (PDF) Dicabut

Dua kapal dengan nama BD 96149 TS dengan nama Kapten Fhan Xuan Dhin dan BD 97106 TS dengan Kapten Vo Van Su sempat mencoba kabur ke arah perbatasan saat kapal patroli tersebut berusaha mendekat.

“Beruntung, kapal patroli berhasil mengejar dua kapal ikan asing tersebut dan menangkap kapal berikut awak kapal,” ungkapnya.

Kedua buah kapal terbut berisikan Anak Buah Kapal (ABK) berjumlah 26 orang. Dari pemeriksaan kapal tersebut tidak dilengkapi izin yang lengkap dan melanggar undang-undang perbatasan antar negara.

“Hasil tangkapan ikan sebanyak 4 ton di dua kapal itu, barang tangkapan termasuk awak kapal, selanjutnya diserahkan ke Satker PS2DKP untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Satker PS2DKP Kabupaten Kepulauan Anambas Mochammad Erwin menyatakan, untuk sementara ini tahanan akan kita tempatkan di Gedung PS2DKP yang bisa menampung jumlah sebanyak tiga puluh orang dan saya rasa sudah cukup untuk menampung tahanan tersebut.

“Bagi Kapten Kapal akan kita tempatkan diruangan Khusus. Pihaknya dalam waktu dekat akan melakukan verifikasi terkait tahanan,” ucapnya.

BACA JUGA  Tidak Hanya Kapal Asing, KKP Juga Tegas Terhadap Kapal Indonesia

Menurutnya KIA tersebut akan ditenggelamkan setelah ada keputusan pengadilan.

“Untuk anak buah kapalnya, kami akan berkoordinasi dengan pihak Imigrasi Tarempa secepatnya, agar tahanan tersebut segera dideportasi,” pungkasnya. (SK-Ind)

LIPUTAN ANAMBAS : INDRA GUNAWAN
EDITOR : RUSMADI

AKBP Sigit N.Hidayat Saat Serah Terima Kapal Tangkapan Dengan Kepala Satker PS2DKP Anambas Mochammad Erwin.(Photo : Indra Gunawan)
AKBP Sigit N.Hidayat Saat Serah Terima Kapal Tangkapan
Dengan Kepala Satker PS2DKP Anambas Mochammad Erwin.
(Photo : Indra Gunawan)
KIA Yang Ditangkap oleh Kapal Polisi Bisma  8001.(Photo : Indra Gunawan)
KIA Yang Ditangkap oleh Kapal Polisi Bisma 8001.
(Photo : Indra Gunawan)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.