BATAM

Ke Tiban Kampung, Gubernur Ansar Ahmad Sampaikan Capaian Pembangunan dan Program Strategis Pemprov Kepri

×

Ke Tiban Kampung, Gubernur Ansar Ahmad Sampaikan Capaian Pembangunan dan Program Strategis Pemprov Kepri

Sebarkan artikel ini
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama Masyarakat Tiban Kampung Kota Batam. (Foto : Ist)
Gubernur Kepulauan Riau Ansar Ahmad bersama para remaja dan Masyarakat Tiban Kampung Kota Batam. (Foto : Ist)

BATAM — Masyarakat Tiban Kampung, Kota Batam, antusias menyambut kehadiran Gubernur Kepulauan Riau, Ansar Ahmad, dalam kegiatan silaturahmi dan halalbihalal bersama warga setempat. Dalam suasana penuh keakraban, Gubernur Ansar Ahmad berbagi kisah dan tantangan dalam membangun Kepulauan Riau (Kepri). Dia memaparkan perjalanan bangkit dari masa-masa sulit akibat krisis ekonomi hingga upaya membangun kembali sektor-sektor penting seperti ekonomi, pendidikan, infrastruktur, dan pariwisata.

Gubernur Ansar menekankan pentingnya kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam membangun Kepri.

GESER UNTUK BACA BERITA
GESER UNTUK BACA BERITA

“Membangun Kepri ini tidak bisa sendiri, tapi kita harus bersama-sama. Kita ciptakan kolaborasi yang solid antara Pemerintah dan masyarakat. Maka pesan saya, tetap jaga kekompakan, jaga persatuan dan kesatuan agar semua pembangunan di Kepri yang pondasinya sudah kita letakkan bisa dilanjutkan,” ujarnya, Kamis (2/5/2024).

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Ansar juga menyampaikan berbagai program unggulan yang telah dilaksanakan oleh pemerintah Provinsi Kepri untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat selama masa kepemimpinannya. Beberapa di antaranya adalah sudah 46 ribu lebih rumah tangga nelayan diberi bantuan BPJS, sebagai pelindung nelayan dan keluarga akan resiko kecelakaan kerja. Sudah berjalan 2 tahun program ini dan akan dihitung kembali anggarannya, jika memungkinkan diberikan juga untuk pekerja rentan Lainnya, seperti ojek dan lain-lain yang rentan dengan resiko.

Terkait pendidikan, Ansar menjelaskan ada program beasiswa yang diberikan kepada mahasiswa S1 dan D3 dengan anggaran Rp 4,5 miliar di tahun 2024 yang dijamin pemerataan dan keadilannya karena diproses dengan aplikasi melalui beasiswa.kepriprov.go.id

Kemudian seragam sekolah gratis yang mulai dianggarkan di tahun 2024 ini serta bantuan SPP gratis di tahun 2025 yang akan datang bagi siswa SMA, SMK dan SLB.

Program strategis lainnya yang telah dirasakan manfaatnya bagi masyarakat diantaranya Pembangunan Rumah Singgah di Batam dan Jakarta yang gratis dipakai masyarakat Kepri, Pembangunan Rumah Sakit Jiwa di Tanjung Uban, Pemasangan Ring Jantung di Rumah Sakit Provinsi di Tanjung Pinang, serta bantuan modal dengan bunga 0 persen untuk UMKM.

Hadir mendampingi Gubernur dalam acara tersebut antara lain Wakil Ketua DPRD Kepri yang juga Anggota DPR RI terpilih untuk periode 2024-2029, Rizky Faisal, Tim Percepatan Pembangunan Provinsi Kepri, serta para Kepala OPD Pemprov Kepri. ***

(Mam)