Kejari Tanjungpinang Tahan Pejabat DKP Bintan

oleh -14 views
height="100%"

– Tersangka Dugaan Kasus Korupsi Proyek Pengadaan Kapal.

TANJUNGPINANG (SK) -–Tim penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang, menahan salah seorang pejabat di Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Bintan, Ir Hendri Suhendri alias alias Hendri (48), sebagai salah seorang tersangka dugaan kasus korupsi proyek pengadaan kapal, sebagai alat penangkapan ikan bagi nelayan di Bintan, tahun 2011 senilai Rp 1,16 miliar, Jum’at (10/4/2015).

Dalam pelaksanaan proyek tersebut, tersangka Hendri bertindak selaku selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) sekaligus Panitia Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK).

Selain Hendri, tim penyidik Kejari Tanjungpinang sebelumnya juga telah menetapkan Moch Arieswan alias MA, selaku rekanan kontraktor yang dinilai ikut bertanggungjawab dalam pelaksanaan kegiatan proyek sebanyak lima unit kapal tersebut.

Namun ketika dipanggil oleh penyidik jaksa untuk diperiksa pada hari bersamaan, yang bersangkutan tidak dapat hadir dengan alasan tengah menderita sakit, sesuai surat keterangan dakter yang diterima pihak Kejari Tanjungpinang. Akibat pihak kejaksaan juga belum bisa melakukan tindakan lebih lanjut.

Tersangka Hendri sendiri sebelum ditahan, lebih dulu menjalani pemeriksaan oleh tim penyidik jaksa sekitar 6 jam, sejak pukul 10.30 WIB hingga pukul 16.00 WIB, dengan menjawab sekitar 17 pertanyaan tambahan oleh jaksa penyidik.

Usai menjalani pemeriksaan, Hendri kemudian keluar dari ruangan penyidik jaksa dengan digiring sejumlah petugas menuju mobil tahanan Kejari Tanjungpinang yang sudah menunggu di halaman, untuk selanjutnya di titipkan sementara di Rumah Tahanan (Rutan) kelas 1 Tanjungpinang.

Ketika dihampiri sekaligus dikonfirmasi sejumlah wartawan terkait dugaan kasus korupsi serta penahanan yang dilakukan jaksa terhadap dirinya, tak satupun ucapan terucap dari mulutnya, sambil menutupi wajahnya dari sorotan kamera insen pers yang sudah menunggu beberapa jam di Kantor Kejari Tanjungpinang.

Kepala Kejari Tanjungpinang Heri Ahmad Pribadi SH, melalui Kepala Seksi Tindak Pidana Khusus (Pidsus), Lukas Alexander S SH mengungkapkan, tindakan penahanan yang dilakukan terhadap salah seorang tersangka tersebut, guna lebih mempermudah proses penyidikan yang dilakukan pihaknya.

“Upaya penahanan terhadap tersangka ini, diharapkan dapat mempercepat proses penyidikan dan kelengkapan berkas berita acara pemeriksaan (BAP) dalam penanganan kasus ini,” ucap Lukas.

Lukas menerangkan, pelaksanaan proyek pengadaan sebanyak lima unit kapal sebagai salah satu sarana tangkapan ikan bagi nelayan di Bintan tersebut berlangsung sejak tahun 2011, dengan pagu anggaran sebesar Rp 1,16 miliar.

Namun dalam pelaksanaan kegiatan proyek pengadaan kapal tersebut, didapati adanya dugaan unsur melawan hukum tentang korupsi, dimana spek yang dikerjakan tidak sesuai sebagaimana mestinya.

“Meskipun tidak sesuai spek, namun pelaksanaan pencairan dana anggaran yang dikeluarkan dan diterima oleh rekanan kontraktor pelaksana proyek tetap 100 persen,” ungkap Lukas.

Akibat tindakan tersebut, lanjut Lukas, dari hasil penyelidikan sementara yang dilakukan sementara, dapat merugikan keuangan negera sebesar Rp 400 juta.

“Dalam penanganan penyelidikan perkara ini, kita telah mengambil keterangan sedikitanya sebanyak 8 orang saksi,” ungkapnya.

Diterangkan, selain telah menetapkan sebanyak dua orang tersangka, pihaknya juga telah mengumpulkan sejumlah data serta keterangan para saksi yang diduga mengetahui dalam pelaksanaan proyek ini.

“Tidak tertutup kemungkinan, jumlah tersangka dalam kasus ini bakal bisa bertambah,” ucap Lukas.

Akibat perbuatannya, lanjut Lukas, tersangka dapat dijerat sesuai pasal 2 jo pasal 3 UU RI No 20 tahun 2001 tentang perubahan atas UU No 31 tahun 1999 tentang pemberantasan korupsi jo pasal 55 ayat (1) ke (1) KUHP. (SK-APN)

Kejari Tanjungpinang Tahan Pejabat DKP Bintan
Kejari Tanjungpinang Tahan Pejabat DKP Bintan

 

 

Tersangka Dugaan Kasus Korupsi Proyek Pengadaan Kapal
Tersangka Dugaan Kasus Korupsi Proyek Pengadaan Kapal

Click to rate this post!
[Total: 0 Average: 0]
banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400 banner 740x400