Kelompok Teroris Kuasai Bandara RHF Tanjungpinang

oleh

– Simulasi Latihan Wing Udara 2 Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG (SK) — Sekelompok teroris yang teridentifikasi sebanyak 10 orang menguasai dan mengancam akan meledakan Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, jika tuntutan mereka tidak dipenuhi, Sabtu (28/03/2015) sekitar pukul, 20.00 WIB.

Mereka juga juga telah menyandera sejumlah penumpang pesawat, termasuk Kepala PT Angkasa Pura II Tanjungpinang.

Teroris ini menuntut agar pihak keamanan membebaskan, ketua kelompoknya yang merupakan gembong narkoba internasional yang sebelumnya ditangkap dan ditahan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Tanjungpinang. Selain itu ketua kelompok ini telah divonis dengan hukuman mati dan siap untuk di eksekusi mati.

Sebelumnya sekira pukul 19.30 WIB, sebuah pesawat dari luar negeri mendarat di Bandara RHF Tanjungpinang, dengan alasan akan mengisi bahan-bakar yang telah menipis. Setelah mendapatkan izin, dari pihak bandara untuk mendarat, kelompok yang bersenjatakan laras panjang dan juga memiliki bahan peledak ini melakukan serangkaian pembajakan dan akhirnya menguasi seluruh bandara juga menyandera sejumlah pegawai dan masyarakat .

Aksi pembajakan ini diketahui pihak Pangkalan TNI AL di Tanjungpinang, yang sebelumnya pihak bandara RHF sempat menginformasikan, bahwa bandara telah dibajak oleh sekelompok teroris. Bahkan bandara telah dikuasia kelompok ini.

Setelah mengetahui adanya pembajakan bandara RHF, pangkalan TNI AL di Tanjungpinang melakukan koordinasi dengan pihak Markas besar (Mabes) TNI AL di Jakarta.

Selang berapa saat, pihak TNI AL Tanjungpinang mendapatkan persetujuan dari Pangarmabar maka dibentuk tim Operasi Manadala Baruna-15 (OMB-15) di bawah Komando Koarmabar.

Pihak TNI AL pusat mengintruksikan agar TNI AL di lokasi mencari informasi situasi dan kondisi di lapangan, degan melakukan pengintaian dengan menerbangkan pesawat TNI AL CN-235 MPA dan pesawat Casa NC-212 Patmar. Hal ini untuk melakukan pengamatan udara di area bandara.

BACA JUGA  Puspenerbal TNI AL Lumpuhkan Teroris di Bandara RHF

Dari pantauan udara diketahui bandara benar-benar dalam keadaan mencekam dan sangat berbahaya, semua sudut telah dikuasai teroris ini dan terparkir sejumlah pesawat komersil dan juga pesawat teroris.

Berdasarkan pertimbangan takstis dan kondisi di lapangan, Pangarmabar memerintahkan kepada unsur-unsur OMB-15 untuk melaksanakan penindakan dengan mengirimkan pasukan khusus TNI AL melaksanakan terjun tempur dan landed malam hari dengan menggunakan pesawat TNI AL Casa NC-212.

Pada jam yang telah ditentukan, ada dua tim pasukan Batalyon Intai Ampibi (Taifib) Pasmar-2 yang berjumlah 14 orang melakukan penerbangan malam itu juga. Tim Alfa sebanyak 7 orang terjun lebih dulu fokus melaksanakan terjun tempur dan mendarat disekitar bandara untuk melumpuhkan teroris di sekitar pesawat teroris.

Sementara Tim Bravo yang masih melakukan on board di pesawat segera melakukan infiltrasi dengan tehnik air lended melalui ramp door disepanjang landasan, selanjutnya bergerak bersama masuk kedalam gedung dan melakukan penyergapan terhadap teroris ini.

Dalam penyergapan ini sempat terjadi baku tempak yang sengit antara teroris dan tim TNI AL. Dengan persiapan yang sudah matang tim yang berjumlah 14 orang ini, berhasil melumpuhkan seluruh teroris yang berjumlah 10 orang dan akhirnya ditembak mati.

Pada saat kejadian tersebut, kepala bandara mengalami luka serius terkena tembakan, setelah sebelumnya dijadikan tameng untuk melarikan diri sejumlah teroris yang selamat dalam penyergapan itu. Namun, upaya melarikan diri sejumlah teroris ini dapat diatasi oleh tim TNI AL dan akhirnya semua teroris dapat ditumpaskan.

BACA JUGA  Inilah Identitas Diri 8 Terduga Jaringan “TINDAK PIDANA TERORISME”

Namun, ternyata bandara telah dipasangi sebuah bom berdaya ledak tinggi. Selang berapa saat tim Jihandak TNI AL datang lalu menjinakan bom tersebut dan akhirnya diledakan diluar bandara.

Adegan tersebut merupakan rangkaian latihan simulasi terbang malam awak pesawat udara Tahun 2015 yang dilaksanakan Wing Udara-2 Tanjungpinang beserta unsur dalam menanggulangi ancaman teroris terhadap aset negara.

Wing Udara-2 merupakan sebagi satuan kerja (Satker) pelaksana Puspenerbal yang berada di wilayah barat Indonesia.

Usai latihan Komando Pusat Penerbangan TNI AL (Danpuspenerbal) Laksamana Pertama TNI Sigit Setiyanta yang juga selaku Direktur Latihan menjelaskan ini merupakan perintah dari Kasal pusat penerbangan TNI AL melaksanakan dukungan opersi penerbangan malam hari, guna mendukung tugas pokok TNI AL dalam oeperasi militer untuk perang maupun militer operasidan juiga bukan perang.

“Kegiatan ini dilaksanakan di wilayah Komando Armada RI Kawasan Barat di Wing Udara-2 Tanjungpinang dan kegiatan ini dilakukan lima hari kedepan. Kegiatan ini dilibatkan sebanyak 134 personil yang merupakan tim gabungan baik awak udara TNI AL, Batalion Intai Pasmar Marinir, Panglaan TNI AL dan juga RSUD Midinyato Tanjungpinang,” terangnya kepada wartawan.

Menurutnya, salah satu tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kemampuan awak pesawat udara didalam kesiapan operaisnal dalam tugas pokok TNI AL. Kegiatan seperti ini rutin dilakukan setiap tiga bulan sekali sepanjang tahun.

BACA JUGA  Inilah Identitas Diri 8 Terduga Jaringan “TINDAK PIDANA TERORISME”

“Latihan ini kita lakukan secara bergilir baik di Armada Bagian Timur dan juga Armada Bagian Barat. Begitu juga di daerah yang memiliki pangkalan udara di seluruh Indonesia. Selain untuk meningkatkan kemampuan tim ini juga untuk persiapan bila mana menghadapi gangguan diluar perang. Salah satunya seperti simulasi ini yang memberantas teroris yang menguasi bandara,” ucapnya

Dalam latihan ini dihadiri Komandan Lantamal IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama TNI Sulistiyanto, Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Dwika Tjahya S, sejumlah perwira staf operasional dan juga Danyon Marinir Tanjungpinang. Hadiri juga Wakil Walikota Tanjungpinngg Syahrul Ketua LAM Kepri ABdul Razak dan juga perwakilan dari intansi lainnya.

Aksi demontrasi terbang malam TNI AL ini menjadi perhatian masyarakat Tanjungpinang, terbukti sejak sore hari hingga berakhirnya kegiatan ini, ratusan masyarakat sangat antusias dengan memadati disekitar Banadar RHF Tanjungpinang yang telah disediakan panitia.(SK-APN)

 

No More Posts Available.

No more pages to load.